Hari Koperasi Ke 76 "Hidupkan Koperasi sebagai Bagian Pembangunan Perekonomian Nasional"

QBeritakan.com
Rabu, 12 Juli 2023 | Juli 12, 2023 WIB Last Updated 2023-07-12T15:37:41Z


QBeritakan.com - "Koperasi saat ini bisa jadi bagian yang tidak terpisahkan dengan kehidupan masyarakat karena koperasi punya rekam jejak yang kuat dalam membangun perekonomian bangsa," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, saat membuka diskusi daring bertema Koperasi di Tengah Badai Ekonomi yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu, 12 Juli 2023.

Menurut Lestari, pengelolaan yang baik menjadi bagian dari perencanaan pembangunan. Sehingga koperasi bisa memberi daya ungkit bagi pembangunan ekonomi nasional.

Apalagi, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, kiprah koperasi saat pandemi bersama UMKM mampu menjadi salah satu jalan keluar bagi perekonomian masyarakat.

Legislator dari Dapil II Jawa Tengah itu menilai koperasi harus didorong menjadi bagian dari gerakan ekonomi rakyat. Menurut anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu koperasi sebagai entitas yang bisa bermanfaat luas bagi lebih banyak orang.

Sementara itu, wartawan senior Saur Hutabarat, berpendapat aspek pengawasan di perkoperasian terakomodasi dalam bentuk pembinaan, sehingga praktik perkoperasian di tanah air sulit berkembang.

Kehadiran UU Perkoperasian yang baru dengan pengaturan pengawasan yang lebih ketat bisa menjadi legacy penting dari wakil rakyat dan pemerintah saat ini, bagi perkembangan perkoperasian nasional di masa datang.

“Contohnya tentang koperasi susu di India yang berdiri sejak 1946 dan saat ini memiliki revenue sampai  US$6,9 billion. Kita perlu belajar dari India," kata dia.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hari Koperasi Ke 76 "Hidupkan Koperasi sebagai Bagian Pembangunan Perekonomian Nasional"

Trending Now