Fakultas Kedokteran Unand Gelar Program Pengabdian di Puskesmas Lubuk Buaya

QBeritakan.com
Senin, 24 Juli 2023 | Juli 24, 2023 WIB Last Updated 2023-07-24T15:08:53Z


QBeritakan.com - Departemen Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas menyelenggarakan program pengabdian masyarakat di Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang.

Koordinator Center of Excellent Departemen Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Yulizawati, S.ST, M.Keb mengatakan Pengabdian masyarakat merupakan salah satu rangkaian dari Center of Exellent Pendidikan Kebidanan sebagai upaya untuk menghasilkan pendidikan kebidanan yang berkualitas tinggi.

"Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu dharma perguruan tinggi yang perlu dilaksanakan bagi setiap instansi, siswa, ataupun dosen," katanya dalam keterangan resmi yang diterima langgam, Senin (24/7/2023).

Ia menyebutkan seiring dengan perkembangan zaman dan semakin kompleksnya dinamika yang ada di masyarakat, kegiatan-kegiatan pengabdian kepada masyarakat juga dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif. Hal ini lah yang menjadi latar belakang dilaksanakannya kegiatan ini.

Dalam rangka pengaplikasian pendidikan kebidanan pada masyarakat, Departemen Kebidanan FK Unand melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya penyuluhan dan praktik langsung meliputi semua siklus kebidanan dimulai dari remaja, prakonsepsi, kehamilan, persalinan, nifas, bayi baru lahir, balita, anak pra sekolah, KB, hingga lansia.

Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah pasien-pasien yang berada di dalam lingkup kerja Puskesmas Lubuk Buaya bekerja sama dengan beberapa stake holder, petugas puskesmas, pembina wilayah, dan beberapa kader yang ikut terlibat dalam menunjang keberhasilan pengabdian masyarakat ini.

Adapun, keilmuan terbaru dan praktis yang disajikan oleh panitia penyelenggara pengabdian masyarakat (dosen, mahasiswa, dan alumni) diantaranya prenatal gentle yoga, teknik akupresur pada persalinan, hypnobreastfeeding, baby spa, relaksasi otot progresif dan mom treatment mendapat sambutan positif dari masyarakat.

"Mereka merasa kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatannya dan berharap pengabdian seperti ini dapat terus dilaksanakan," jelasnya. (*/Fs)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Fakultas Kedokteran Unand Gelar Program Pengabdian di Puskesmas Lubuk Buaya

Trending Now