Bungai Bangkai Ditemukan di Sijunjung "Belum Mekar Sempurna"

QBeritakan.com
Senin, 03 Juli 2023 | Juli 03, 2023 WIB Last Updated 2023-07-03T12:50:58Z

 

QBeritakan.com - Bunga bangkai atau dalam bahasa latin disebut Amorphophallus titanium ditemukan di Jorong Jambu, Nagari Koto Tuo, Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar).

Dikutip dari akun Instagram BKSDA Sumbar yaitu @bksda_sumbar pada Senin (3/7/2023), bunga bangkai itu ditemukan di kebun Loly Mista Sebetri yang berada di luar kawasan hutan.

"Petugas BKSDA Sumbar mendatangi lokasi adanya tumbuhan yang dilindungi undang-undang yaitu Amorphophallus titanum setelah mendapatkan informasi dari masyarakat," ungkap BKSDA Sumbar.

Bunga bangkai itu sebut BKSDA Sumbar, memiliki tinggi 212 cm, lingkar bawah 49, lingkar tengah 107 cm dan lingkar atas 42 cm dengan kondisi bunga belum mekar sempurna.

"Petugas memberikan sosialisasi kepada pemilik dan masyarakat bahwa Amorphophallus titanum ini merupakan tanaman yang dilindungi undang-undang dan mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kelestariannya," tulis BKSDA Sumbar.

BKSDA Sumbar juga menyebutkan bahwa di sekitarnya juga ditemukan banyak tanaman suweg (Amorphopallus paeniifolius) dengan kondisi juga belum mekar. Namun tumbuhan ini tidak dilindungi dengan bentuk yang lebih kecil dan ramping. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bungai Bangkai Ditemukan di Sijunjung "Belum Mekar Sempurna"

Trending Now