5 wilayah Di Lampung Mengalami Kenaikan Angka Stunting, Begini Kata Wagub Lampung!

QBeritakan.com
Senin, 17 Juli 2023 | Juli 17, 2023 WIB Last Updated 2023-07-17T02:55:56Z

 

QBeritakan.com - Lima kabupaten di Provinsi Lampung menjadi atensi Pemerintah Provinsi Lampung dalam upaya penurunan angka stunting.

Lima kabupaten tersebut yakni Lampung Timur, Lampung Utara, Pesawaran, Tulang Bawang dan Mesuji.

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim mengatakan, lima kabupaten tersebut menjadi atensi karena mengalami peningkatan prevalensi stunting berdasarkan data SSGI pada tahun 2022 lalu.

"Beberapa wilayah yang mengalami kenaikan kita perlu perhatikan lebih detail, karena kita ada kabupaten dengan tren penurunannya semakin cepat. Untuk di bedah lebih spesial dan khusus serta bisa berdiskusi agar tidak ada lagi kenaikan," kata Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim.

Nunik sapaan akrab Wagub Lampung menjelaskan, bahwa pada tahun 2024 mendatang, Pemprov Lampung menargetkan penurunan angka stunting bisa mencapai 10 persen.

Target tersebut melebihi yang ditetapkan oleh pemerintah pusat yakni sebesar 14 persen.

"Target Provinsi Lampung sampai 10 persen, kalau bisa zero stunting. Namun bukan sekadar target provinsi, tetapi betul-betul kita bisa menyelamatkan anak-anak kita terbebas dari stunting, karena stunting merenggut masa depan anak bangsa," jelasnya.

Dalam upaya penurunan angka stunting tersebut, Nunik mengajak Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) provinsi dan kabupaten/kota saling bersinergi mengoptimalkan program-program tepat sasaran dan konkret untuk percepatan penurunan stunting.

"Paling utama adalah agar program menjawab persoalan. Program yang baik, dijalankan dengan baik dan hasilnya baik untuk penurunan angka stunting di Provinsi Lampung," ujarnya.

Nunik juga meminta agar program-program penurunan stunting yang dituangkan dalam APBD harus tepat sasaran dengan persoalan di lapangan.

"Tujuannya agar tidak terjadi ketidaksesuaian termasuk missprogram. Melalui kegiatan pertemuan forum koordinasi menjadi sangat penting untuk bisa dilakukan zoom yang lebih jelas, persoalannya apa, langkahnya apa," tuturnya. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 5 wilayah Di Lampung Mengalami Kenaikan Angka Stunting, Begini Kata Wagub Lampung!

Trending Now