40 Hari Mengabdi, Puluhan Mahasiswa Unand KKN di Nagari Lurah Ampalu Padang Pariaman

QBeritakan.com
Senin, 17 Juli 2023 | Juli 17, 2023 WIB Last Updated 2023-07-17T13:46:11Z


QBeritakan.com - Sebanyak 26 mahasiswa Universitas Andalas (UNAND) melakukan Kuliah Kerja Nyata di Nagari Lurah Ampalu, Padang Pariaman. Para mahasiswa yang terdiri dari berbagai program studi dan fakultas itu akan melaksanakan KKN selama 40 hari mulai 11 Juli 2023 sampai dengan 21 Agustus 2023 untuk membantu pemerintahan nagari setempat.

Diketahui, secara resmi mahasiswa ini telah diantarkan ke Nagari Lurah Ampalu pada tanggal 11 Juli 2023. Serah terima dilakukan oleh Rektor Unand, Prof. Yuliandri kepada Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur.

Aacara serah terima tersebut juga dihadiri oleh Wali Nagari, Sektretaris Nagari, Wali Korong, BAMUS, dan Tokoh Masyarat serta mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi lain yang sudah terlebih dahulu datang KKN di Nagari Lurah Ampalu.

Wali Nagari Lurah Ampalu, Ais Syuria berpesan kepada mahasiswa agar menjunjung tinggi nilai adat istiadat Nagari Lurah Ampalu serta berkoordinasi dengan Wali Korong dan lembaga-lembaga terkait serta mahasiswa dari perguruan tinggi lain dalam melaksanakan program kerja KKN.

“Mengikuti semua kegiatan yang dilaksanakan oleh Nagari, dan membantu program kerja Nagari,” kata Ais Syuria.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Riwayadi menyampaikan, bahwa mahasiswa telah memiliki Program Kerja KKN, diantaranya adalah pembangunan nagari dengan kegiatan aksi cegah stunting, kebersihan dan Kesehatan, asistensi penataan administrasi dan pembuatan proker Nagari, dan asistensi pengembangan usaha madu Galo-Galo dan Ekowisata Peternakan Lebah Galo-Galo serta penyusunan laporan keuangan BUMNag.

“Sosial kemasyarakatan dengan kegiatan orang tua asuh, menyemarakan kegiatan masjid/ mushalla, olah raga, dan seni, dan IPTEK dengan kegiatan pembuatan pupuk Biosaka, pengembangan pembelajaran dan asesmen elektronik, pembelajaran bahasa inggris dan bahasa indonesia,” jelas Riwayadi.

Disamping itu, mahasiswa KKN juga akan menyemarakan acara 17 Agustus HUT Kemerdekaan indoensia. Riwayadi juga berpesan kepada mahasiswa agar menjaga etika pergaulan dan komunikasi dengan masyarakat.

“Gunakan media sosial (medsos) secara bijak untuk mempromosikan keunggulan-keunggulan Nagari Lurah Ampalu,” pesannya.

Nagari Lurah Ampalu sendiri memiliki 15 Korong, yaitu Korong Kampani, Korong Lansano, Korong Simpang, Korong TP. Tangah, Korong Koto Tabang, Korong Palak Juha, Korong ABC Gadang, Korong Sikarih, Korong Silangkuang, Korong Sawah Liek, Korong Ikua Kampuang, Korong KP. Surau, Korong Sikilia, Korong Kabun Cimpago, dan Korong Guguak.

Posko KKN Unand berada di Korong Lansano dengan Ketua KKN Nagari Jacky Fajar Alam dari Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik dan Wali Korong Saiful Anwar. (peb)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 40 Hari Mengabdi, Puluhan Mahasiswa Unand KKN di Nagari Lurah Ampalu Padang Pariaman

Trending Now