10 Acara Paling Menarik di Kalender Pariwisata Padang Sumatera Barat 2023

QBeritakan.com
Rabu, 05 Juli 2023 | Juli 05, 2023 WIB Last Updated 2023-07-05T05:46:05Z

 
QBeritakan.com - Dinas Pariwisata Kota Padang, Sumatera Barat, telah meluncurkan kalender pariwisata 2023. Kalender tersebut berisi event-event yang akan dilaksanakan di Kota Padang sepanjang tahun 2023.

Tujuan dari kalender tersebut adalah untuk mempermudah wisatawan mengetahui kapan acara-acara pariwisata di kota ini dilaksanakan. Selain itu, pemerintah Kota Padang mengharapkan dengan adanya kalender tersebut bisa menggaet wisatawan sebanyak-banyaknya.

Di bawah ini akan dibagikan ulasan dari beberapa acara yang terdapat di Kalender Pariwisata Kota Padang 2023.

Kalender Pariwisata Padang 2023

1. Tradisi Adaik Limau Baronggeh Sungai Pisang


Tradisi Adaik Limau Baronggeh Sungai Pisang melibatkan para ibu-ibu. Dalam acara ini, para ibu-ibu akan membawa dulang yang berisi air perasan limau di atas kepala.

Mereka akan mengarak dulang yang sudah dihias dan kemudian membasuh wajah dengan air perasan limau sebagai simbol untuk menyucikan diri.

Tradisi ini dilakukan dalam rangka untuk menjaga silaturahmi antarsuku di Sungai Pisang dan dilakukan setiap menyambut bulan Ramadhan.

2. Festival Rakyat Batang Arau


Festival yang dilaksanakan di Kelurahan Batang Arau ini menjadi salah satu daya tarik pariwisata yang banyak ditonton. Dalam acara ini, umumnya akan digelar beberapa kegiatan, yaitu festival kuliner dari masyarakat lokal, jual beli botol dan gelas plastik, serta bersampan-sampan di sepanjang Batang Arau.

Di festival ini, kamu bisa mencicipi makanan khas Padang buatan masyarakat lokal. Sementara itu, bersampan-sampan adalah yang paling ditunggu-tunggu. Wisatawan bisa merasakan pengalaman naik di sampan nelayan dengan harga tiket yang cukup murah.

3. Festival Marandang

Festival Marandang pertama kali digelar pada 2021 lalu. Festival ini diadakan dengan tujuan untuk melestarikan dan mewariskan makanan khas Minang kepada generasi muda. Dalam acara ini, wisatawan yang datang bisa belajar masak rendang yang sudah terkenal di seluruh dunia.

Tak hanya itu saja, pemerintah Kota Padang mengharapkan dengan adanya Festival Marandang dapat menumbuhkan ekonomi kreatif khususnya di wisata kuliner. Selain itu, ada pula bazar yang diikuti para pelaku UMKM Kota Padang. Kamu bisa menikmati kuliner khas Minang lainnya atau membeli cendera mata.

4. Festival Selaju Sampan


Selaju Sampan adalah salah satu olahraga tradisional dari Kota Padang yang cukup dikenal dalam lagu Dayuang Palinggam. Biasanya, festival ini digelar di pantai yang ada di pesisir selatan Kota Padang dengan mengadakan perlombaan Selaju Sampan.

Selaju Sampan menggunakan sampan tradisional dari kayu dengan tiap timnya berisi 12 orang yang berbondong-bondong mendayung sampan hingga garis finish. Selain itu, peserta yang berada di paling depan, harus menyentuh tong dengan dayung. Peserta pertama yang dapat menyentuh tong adalah pemenangnya.

5. Festival Pauah Bagalanggang


Selanjutnya ada Festival Pauh Bagalanggang yang merupakan sebuah acara pertunjukan seni kreatif Minangkabau. Dalam Festival Pauh Bagalanggang, kamu bisa melihat seni kreatif berupa, tarian, musik, dan teater dengan durasi 20 sampai 30 menit. Biasanya, Festival Pauh Bagalanggang dilaksanakan di Palito Nyalo, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

Festival Pauh Bagalanggang diharapkan bisa menjadi ajang silaturahmi untuk kelompok seni se-Sumatera Barat. Acara ini diselenggarakan pemerintah sebagai wadah dan media kelompok seni di Sumatera Barat agar bisa mempertunjukkan karya mereka.

6. Festival Siti Nurbaya


Festival lain yang menyajikan budaya dan kesenian daerah di Kota Padang adalah Festival Siti Nurbaya. Dalam acara ini, ada banyak kesenian yang dilombakan, misalnya lomba suntiang cucuak, tari Minangkabau, baju kuruang basiba, lagu Minangkabau, sandal tampuruang, randai, dan masih banyak lainnya.

Umumnya, Festival Siti Nurbaya di Kota Padang akan berlangsung beberapa hari di sejumlah tempat yang menjadi destinasi kota ini, mulai dari Pantai Padang, Danau Cimpago, dan tempat-tempat lainnya.

Festival Siti Nurbaya adalah waktu yang tepat untuk kamu berkunjung Kota Padang. Banyak wisatawan datang saat acara ini berlangsung untuk ikut memeriahkan dan menyaksikan kesenian yang ditampilkan.

7. Malamang Sakampuang


Malamang Sakampuang yang dalam Bahasa Indonesia artinya membuat lamang bersama-sama satu kampung. Acara ini menjadi wadah untuk warga di pinggir Kota Padang untuk dapat melestarikan tradisi dan keakraban.

Proses membuat lamang ini sekitar empat jam yang dilakukan oleh para wanita. Sementara, para pria biasanya akan menambahkan kayu dan sabut ke tungku yang dipakai untuk memasak.

Selain memasak lamang, di acara Malamang Sakampuang, ada juga penampilan musik gambus dan Salawat Dulang, yaitu sastra lisan Minangkabau. Kamu bisa menyaksikan acara ini dan menikmati makanan lamang yang proses memasaknya masih tradisional.

8. Festival Surfing


Di Kota Padang, ada banyak tempat dengan titik ombak yang menarik dan cukup menantang untuk berselancar. Melihat hal tersebut, Pemerintah Kota Padang pun menggelar kompetisi selancar setiap tahunnya. Seperti diketahui, surfing diketahui menjadi salah satu olahraga unggulan Kota Padang.

Dengan diadakannya festival surfing, maka bibit juara bisa terlihat yang nantinya dapat dibina dan nantinya dapat mengikuti kompetisi lain.

9. Alek Gadang Berok Nipah


Alek Gadang Berok Nipah menghadirkan berbagai macam ragam budaya yang pesertanya adalah warga Berok Nipah. Kegiatan Alek Gadang Berok Nipah biasanya diisi dengan berbagai kegiatan dari UMKM warga Berok Nipah. Ada juga peragaan barongsai, pertunjukan tarian, dan masih banyak lainnya. Selain itu, juga ada arak-arakan berpakaian adat dari tokoh masyarakat.

Apabila kamu ingin ikut memeriahkan acara ini, kamu bisa berkunjung di Berok Nipah, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang. Nikmati keseruannya bersama penduduk setempat.

10. Festival Serak Gulo


Serak Gulo adalah tradisi yang dilakukan warga keturunan India di kawasan Pasa Gadang, Kota Padang. Di festival Serak Gulo, mereka akan membagikan gula ke masyarakat sekitar dengan cara melemparnya dari atap masjid. Gula yang dilempar mencapai berton-ton beratnya.

Festival Serak Gulo biasanya dilaksanakan pada bulan Jumadil Awal atau memasuki Jumadil Akhir. Tradisi ini cukup meriah dan ramai, warga setempat berbondong-bondong berebut gula yang sudah dikemas di plastik kecil yang dilempar dari atas masjid.

Itulah beberapa acara di Kota Padang yang masuk ke dalam Kalender Pariwisata Kota Padang 2023. Kamu bisa merasakan kemeriahan acara-acara dan menikmati pertunjukan budaya seperti yang disebutkan di atas dengan mengunjungi Kota Padang. Selain itu, kota ini juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Gunakan Traveloka apabila kamu memiliki rencana berlibur di Kota Padang. Kamu bisa pesan tiket pesawat,hotel, hingga tiket tempat wisata populer lewat Traveloka dengan mudah dan praktis.

Selain memberikan kemudahan saat berlibur, Traveloka banyak menghadirkan keuntungan menarik, seperti voucher diskon. Yuk, langsung unduh aplikasi Traveloka di smartphone-mu dan rencanakan liburan di Kota Padang mulai dari sekarang!

Cek Tiketnya di Sini


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 10 Acara Paling Menarik di Kalender Pariwisata Padang Sumatera Barat 2023

Trending Now