Tutup Sejak Desember 2021 Taman Nasional Way Kambas akan Segera Buka Kembali

QBeritakan.com
Minggu, 25 Juni 2023 | Juni 25, 2023 WIB Last Updated 2023-07-18T04:47:27Z

QBeritakan.com - Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung akan segera dibuka kembali untuk umum, setelah ditutup cukup lama sejak bulan Desember tahun 2021 lalu.

Meski belum diketahui secara pasti kapan dibukanya, namun konsep wisata di Taman Nasional Way Kambas nantinya akan berbeda dari sebelumnya.

Di mana tidak akan ada lagi aktivitas seperti atraksi gajah main bola ataupun wisatawan menunggangi gajah di wilayah konservasi tersebut.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung Yanyan Ruchyansyah mengatakan konsep wisata di Taman Nasional Way Kambas nantinya akan menjadi ekowisata atau wisata terbatas.

"Konsep di Taman Nasional Way Kambas sekarang berubah tidak ada lagi eksploitasi satwa di sana.

Jadi satwa hanya bisa dinikmati keindahannya dan dinikmati kehidupannya, tetapi tidak disentuh dan dieksploitasi seperti di sirkus.

Jadi tidak ada seperti itu lagi, kita nanti menjualnya tentang alam, keindahan dan lainnya," kata Kadis Kehutanan Lampung, Yanyan Ruchyansyah dalam keterangannya.

Tak hanya itu, dijelaskan Yanyan, nantinya wisata di TNWK juga akan melibatkan masyarakat desa penyangga di sekitar TNWK.

"Kami telah melakukan FGD (Focus Group Discussion) dengan Balai TNWK dan empat desa penyangga membahas bagaimana konektivitas antara desa penyangga dengan taman nasional sehingga wisata itu bisa kembali dimanfaatkan," jelasnya.

Dengan melibatkan masyarakat desa penyangga, diharapkan juga nantinya akan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tutup Sejak Desember 2021 Taman Nasional Way Kambas akan Segera Buka Kembali

Trending Now