Sejumlah Wilayah di Propinsi Lampung Diprediksi Dilanda Kekeringan

QBeritakan.com
Jumat, 09 Juni 2023 | Juni 09, 2023 WIB Last Updated 2023-06-09T04:12:56Z


QBeritakan.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan sebagian wilayah Indonesia berpotensi dilanda kekeringan pada musim kemarau 2023, termasuk Lampung. Hal itu disebabkan sejumlah wilayah akan mengalami curah hujan di bawah normal.

"Normalnya curah hujan itu 85% sampai 115%. Nanti saat Juli, Agustus, September 2023 curah hujan akan sangat rendah, kurang dari 30%," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dikutip dari Medcom.id, Jumat, 09 Juni 2023.

Beberapa wilayah yang berpotensi mengalami curah hujan rendah pada Juni 2023 di antaranya Aceh, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Papua Selatan.

Sementara itu, pada Juli 2023 curah hujan kurang dari 100 mm berpeluang terjadi di sebagian Aceh, Sumatra Utara, sebagian Sumatra Barat, sebagian Riau, Jambi, Sumatra Selatan, sebagian Bengkulu, Lampung, Jawa, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Papua Selatan.

Lalu pada Agustus sampai Oktober 2023 curah hujan kurang dari 100 mm perbulan berpeluang terjadi di sebagian Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Riau, Kepulauan Riau, Sumatra Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Jawa, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, sebagian Sulawesi, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Berkaitan dengan adanya prediksi curah hujan rendah, Dwikorita meminta daerah melakukan langkah antisipatif untuk mencegah dampak kekeringan dan dampak lanjutannya. "Selain itu meningkatkan optimalisasi fungsi infrastruktur sumber daya air untuk memastikan kendala operasional waduk, embung, kolam retensi dan penyimpanan air buatan lainnya untuk pengelolaan curah hujan dan penggunaannya saat musim kemarau," kata dia.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sejumlah Wilayah di Propinsi Lampung Diprediksi Dilanda Kekeringan

Trending Now