Roti Tertua Di Dunia, Berusia 14.000 Tahun Berhasil Ditemukan Ilmuwan ini!

QBeritakan.com
Minggu, 25 Juni 2023 | Juni 25, 2023 WIB Last Updated 2023-06-25T09:44:51Z


QBeritakan.com - University College London (UCL), dan University of Cambridge merilis sebuah makalah di Prosiding National Academy of Sciences yang memaparkan penemuan remah-remah roti pipih berusia 14.000 tahun.

Temuan tersebut diperoleh dari situs arkeologi Shubayqa 1, yang terletak di Gurun Hitam Yordania timur laut dan merupakan rumah bagi para pemburu-pengumpul Natufian.

Sisa-sisa roti pipih bukan hanya menjadi bukti roti tertua yang ditemukan hingga saat ini, tetapi juga memperlihatkan bagaimana pembuatan roti sudah ada bahkan sebelum pertanian berkembang sekitar 4.000 tahun kemudian.

Tobias Richter, arkeolog dari University of Copenhagen, sekaligus salah satu penulis makalah tersebut mengatakan, tidak ada yang menemukan bukti langsung produksi roti, jadi fakta bahwa roti mendahului pertanian cukup mencengangkan bagi para ilmuwan.

Sebelum penemuan di Shubayqa 1, bukti terdekat dari makanan sereal seperti roti telah ditemukan di situs Neolitik Çatalhöyük, Turki.

Richter menambahkan, sampai saat ini, ilmuwan benar-benar tidak menyangka bahwa pada periode Natufian, orang sudah membuat roti.

Temuan itu pun telah menarik mundur bukti pertama pembuatan roti selama lebih dari 5.000 tahun.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Roti Tertua Di Dunia, Berusia 14.000 Tahun Berhasil Ditemukan Ilmuwan ini!

Trending Now