Presiden Republik Indonesia Jokowi resmi memperkenalkan logo baru Ibu Kota Nusantara

Prasetyo Budi
Kamis, 01 Juni 2023 | Juni 01, 2023 WIB Last Updated 2023-06-01T10:57:46Z


QBeritakan.com - Presiden Republik Indonesia Jokowi resmi memperkenalkan logo baru Ibu Kota Nusantara atau IKN di Istana Negara pada hari Selasa, 30 Mei 2023.

Pemilihan logo baru Ibu Kota Nusantara atau yang dikenal dengan IKN ini telah melalui proses pemilihan yang melibatkan masyarakat Indonesia dan resmi diperkenalkan oleh Jokowi.

Dari laman akun Instagram Ibu kota Nusantara, logo baru IKN yang diperkenalkan Jokowi merepresentasikan visi sebagai kota dunia untuk semua.

Dilansir dari Instagram @ikn_id ada 5 desain logo baru untuk IKN yang masing masing dirancang oleh Aulia Akbar, Agra Satria, Dimas Fakhruddin, Wildan Ilham, dan Ismiaji Cahyono.

Logo IKN milik Aulia Akbar terpilih menjadi pemenang melalui vote sebanyak 26.6%.

“Melalui logo ini, Nusantara merepresentasikan visinya sebagai kota dunia untuk semua. Serta Nusantara yang menjadi sumber kehidupan juga rumah bagi berbagai keanekaragaman hayati di dalamnya,” jelas akun resmi Instagram @ikn_id dikutip Hops.ID pada hari Rabu, 31 Mei 2023.

Jokowi mengatakan jika logo baru IKN tersebut akan menjadi identitas visual.

“Logo baru ini nantinya akan jadi identitas visual bagi IKN,” ucap Jokowi dikutip dari kanal YouTube IKN Indonesia.

Menurut Jokowi, logo baru IKN yang terpilih bertema pohon hayat yang didesain oleh Aulia Akbar. Pemilihan logo baru IKN menggunakan vote yang diikuti hampir 500 ribu warga Indonesia.

“Yang milih 500-an ribu (orang), jumlah yang tidak sedikit,” ucap Presiden Indonesia ke-7 itu.

Jokowi juga menekankan bahwa yang memilih logo bukan dirinya pribadi tetapi rakyat Indonesia.

“Telah melalui proses sayembara yang sangat selektif, alhamdulillah telah terpilih logo dengan pemilih terbanyak, jadi yang milih bukan Presiden,” ucap Jokowi.

Jokowi kemudian mencontohkan negara maju yang memiliki pusat bisnis dan ibu kota yang berbeda.

“Jadi ada New York ada Washington DC, ada Sydney ada Canberra, ada di sini  Jakarta ada di sana Nusantara,” ucap Jokowi dikutip Hops.ID pada hari Rabu, 30 Mei 2023.

Detail desain Pohon Hayat Nusantara adalah 5 akarnya melambangkan Pancasila, 7 batangnya mewakili pulau besar, dan 17 kembang mekar menjadi simbol kemerdekaan yang abadi.***

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Presiden Republik Indonesia Jokowi resmi memperkenalkan logo baru Ibu Kota Nusantara

Trending Now