Walikota Metro Wahdi Sirajuddin "Kota Metro Siap Sokong Pangan dan Lumbung Sapi Lampung"

Prasetyo Budi
Rabu, 31 Mei 2023 | Mei 31, 2023 WIB Last Updated 2023-05-31T13:47:56Z


QBeritakan.com - Walikota Metro, Wahdi Sirajuddin mengatakan ada 7.321 hektar lahan pertanian di wilayahnya yang siap menyokong kebutuhan pokok pangan dan hortikultura Provinsi Lampung.

"Saat ini ada 2.984 hektar sawah yang menghasilkan 30-35 ribu ton gabah dalam setahun. Sementara, dari kebutuhan di Metro hanya 15 ribu ton. Artinya ada surplus 20 ribu ton," kata dia. Rabu, 31 Mei 2023.

Wahdi mengatakan dengan perhitungan data tersebut, Metro berpotensi menjadi lumbung pangan Lampung dan tentunya masih jadi lumbung sapi kedua di Lampung hingga saat ini.

"Kita merencanakan pembangunan di sektor pertanian dengan baik. Kita beruntung masih memiliki tanah pertanian yang cukup luas. Sehingga, kedepannya kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal," ujarnya.

Sementara itu, dengan meningkatnya rencana pembangunan di Kota Metro, pihaknya juga akan menyusun rencana pembangunan jangka panjang (RPJP) kedua.

"Kalau perencanaan itu keliru, maka keliru juga langkah kita kedepan. Hal ini harus di deteksi dengan sebaik-baiknya. Sehingga perencanaan pembangunan yang bisa membawa masyarakat hidup sejahtera," ungkap Wahdi.

Kemudian, menurut Wahdi perlu dilaksanakan identifikasi alih fungsi lahan dengan jeli. Jangan sampai dengan adanya pembangunan malah merusak lingkungan.

"Kita jaga lingkungan kita dengan baik. Konteksnya, dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat juga menjaga lingkungan berkelanjutan," kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPS Kota Metro, Wintarti Diah Indriyani mengungkapkan dalam pelaksanaan sensus pertanian, pihaknya  mencatat luas lahan, luas tanam, dan luas panen. Tujuannya untuk memperoleh keberagaman hasil pertanian di Metro.

"Itu nanti akan kita bagi, mulai dari holtikultura, pertanian tanaman pangannya berapa, dan juga akan memperoleh data pendapat utama mereka. Bukan hanya tanaman pangan saja. Ada 7 cangkupan yang tercatat di BPS," kata dia.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Walikota Metro Wahdi Sirajuddin "Kota Metro Siap Sokong Pangan dan Lumbung Sapi Lampung"

Trending Now