46 WNI Korban Perdagangan Orang Tiba di Bandara Soekarno-Hatta

Prasetyo Budi
Sabtu, 27 Mei 2023 | Mei 27, 2023 WIB Last Updated 2023-05-27T00:01:06Z


QBeritakan.com - Imigrasi Soekarno-Hatta membantu proses keimigrasian kepulangan 46 Warga Negara Indonesia (WNI) korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Meski dalam kasus yang berbeda, keseluruhannya dipulangkan melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

"Ini bentuk dukungan kami terhadap pemberantasan TPPO, yang tentunya membutuhkan sinergi antarinstansi," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno-Hatta, Muhammad Tito Andrianto, Jumat, 26 Mei 2023.

Tito menuturkan, pada kesempatan pertama, terdapat 26 orang korban TPPO dipulangkan dari Myanmar melalui Don Mueang, Thailand, menggunakan pesawat Batik Air ID7630 yang tiba pada pukul 21.30 WIB.

"Ke-26 WNI ini merupakan korban TPPO yang berhasil diungkap oleh Satuan Tugas (satgas) TPPO Thailand yang kemudian bekerja sama dengan Satgas TPPO Indonesia," ujarnya.

Menurut Tito, selain itu pihaknya pun membantu 20 orang korban TPPO yang dipulangkan dari Myanmar melalui Manila, Filipina, menggunakan pesawat Cebu Pasific Airways dengan nomor penerbangan 5J759 yang tiba pada pukul 23.55 WIB. Ke-20 WNI ini merupakan korban TPPO yang terjebak pada situasi konflik di Myanmar.

"Mereka bahkan sempat disekap namun berhasil melarikan diri. Keseluruhannya kemudian diserahkan ke Bareskrim Polri untuk penanganan lebih lanjut," jelasnya.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 46 WNI Korban Perdagangan Orang Tiba di Bandara Soekarno-Hatta

Trending Now