Bingung Mau Kuliah Dimana dan Mau masuk jurusan apa!? Baca Baik-baik Disini

Wartawan Goes Too Campus
Selasa, 07 Februari 2023 | Februari 07, 2023 WIB Last Updated 2023-02-07T03:12:59Z


QBeritakan.com - Hallo Sob Q, Masih Bingung Untuk Sebagian kalian mungkin tak tahu sama sekali apa saja ragam Pilihan jurusan kuliah yang ada. Sebagian lagi sudah memiliki beberapa pilihan jurusan kuliah, namun sedang bingung menentukan jurusan apa yang diambil. Dan, ada pula yang galau ketika harus menentukan antara jurusan kuliah pilihan Ortu atau pilihan diri sendiri.

Menentukan jurusan kuliah ibarat membeli makanan di kantin sekolah. Ada mie ayam,  dimsum, seblak, sosis bakar, dan lain-lain. Tetapi, kebanyakan menu justru bikin kita bingung. Pilih yang mana ya? Semuanya kelihatan enak sih. Jurusan kuliah juga begitu, semuanya terlihat menyenangkan untuk dijalani.

Kuliah merupakan salah satu tahapan penting dalam kehidupan pendidikan seseorang. Memilih jurusan dan universitas yang tepat dan sesuai tentunya merupakan keputusan yang harus dipikirkan matang-matang.

Persiapan merupakan tahap yang penting untuk segala hal. Kurangnya persiapan dapat berdampak buruk bagi hasilnya di kemudian hari. Apalagi jika menyangkut pemilihan jurusan dan universitas. Tentunya kamu tidak mau dong kuliah di tempat dan di jurusan yang tidak kamu sukai.

1. Mengetahui Potensi yang ada pada diri sendiri

Hal Pertama Yang Harus kalian ketahui dalam menentukan Jurusan yang tepat adalah mengetahui potensi yang ada pada diri kita sendiri, Misalkan nih Kalian hobi berbisnis, Hobi catat mencatat, hobi bertani, hobi berdagang dan lain sebagainya.

Dari sekian hobi tersebut apa yang paling kamu sukai dan kira-kira 8-10 tahun kemudian kalian bisa menghasilkan sebuah karya dari hobi yang kalian meiliki tersebut.

Cara lainnya, kamu bisa menelaah ke kehidupan sehari-harimu. Aktivitas apa yang kamu sukai dan tidak kamu sukai karena tentu kamu ingin pekerjaan yang kamu lakukan nantinya adalah pekerjaan yang berhubungan dengan sesuatu yang kamu sukai di kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya pilih Jurusan atau Program Study Sesuai dengan Hobi, minat dan Bakat kalian Masing-masing, jika kalian sudah mengantongi Program Study atau jurusan yang kalian inginkan selanjutnya menentukan pilihan dimana kalian akan melakukan study tersebut.

2. Memilih Universitas yang cocok untukmu

Cari perguruan tinggi yang terakreditasi, memiliki fasilitas lengkap serta pengajar profesional. Ada sebagian kampus yang identik dengan jurusan tertentu dikota kamu,Biasanya kalian bisa manfaatkan Menjelang tahun ajaran baru, beberapa perguruan tinggi menyelenggarakan campus tour untuk mengajak calon mahasiswa mengenal lingkungan kampus. Di acara itu, kamu bisa bertanya seputar biaya kuliah, beasiswa, dan sebagainya.

3. Hindari Ikut - Ikutan Teman

Kita terlanjur menyamakan pilihan dengan teman atau pacar karena bingung dan dikejar waktu.  Perkara masa depan, terkadang kita takut mengambil keputusan sendiri. Belum tentu kamu dan mereka punya bakat yang sama.

Hidupmu adalah tanggung jawabmu sendiri. Maka dari itu, penting untuk mengenal minat dan bakat sejak dini agar tidak mudah terpengaruh dengan lingkungan sekitar.

Nah Gimana Sob Q semua, Mudahan-mudahan tips sederhana ini bisa bermanfaat buat kalian semua, sukses ya Sob Q.(*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bingung Mau Kuliah Dimana dan Mau masuk jurusan apa!? Baca Baik-baik Disini

Trending Now