Calon lawan Berat Timnas Indonesia di Semifinal AFF 2022 Salah Satunya Musuh Bebuyutan Timnas Garuda

Sport QBeritakan.com
Selasa, 03 Januari 2023 | Januari 03, 2023 WIB Last Updated 2023-01-03T03:45:50Z

QBeritakan.com - Timnas Indonesia yang tergabung di Grup A bersama dengan Thailand, Kamboja, Filipina, dan Brunei Darussalam dan Indonesia belum terkalahkan setelah bermain di empat pertandingan fase grup A Piala AFF 2022 sejauh ini. Asnawi Mangkualam dkk. menunjukkan perkembangan dari laga ke laga.

Timnas Indonesia melaju ke babak semifinal Piala AFF 2022 usai menang atas Filipina dengan skor 2-1 di Stadion Rizal Memorial, Senin (2/1). Kemenangan tersebut membuat Indonesia mengakhiri fase grup dengan koleksi 10 poin dan menjadi Runerup Grup A AFF 2022.

Timnas Indonesia harus puas duduk di posisi kedua Grup A lantaran kalah selisih gol dari Thailand. Indonesia mengumpulkan selisih gol +9 sedangkan Thailand punya selisih gol +11.

Dengan demikian sudah dipastikan dua tim yang lolos ke semifinal Piala AFF 2022 adalah Thailand dan Timnas Indonesia. Thailand lolos sebagai juara Grup A sedangkan Indonesia mendampingi Thailand dengan status sebagai runner up Grup A.

Thailand dan Indonesia sama-sama mengoleksi 10 poin hasil dari tiga kemenangan dan satu laga imbang. Tetapi Thailand berhak atas posisi juara grup karena punya selisih gol lebih baik dibandingkan Indonesia yaitu +11 dibanding +9.

Calon lawan yang mungkin dihadapi Indonesia di babak semifinal yang dijadwalkan 6 januari dan 9 januari 2023 mendatang.

1. Vietnam
Vietnam akan mengunci status juara grup bila meraih kemenangan atas Myanmar.

Vietnam juga bisa jadi juara grup bila meraih hasil imbang lawan Myanmar, dengan syarat duel Malaysia vs Singapura juga berakhir imbang.

2. Singapura
Singapura juga bisa jadi juara grup B bila bermain imbang lawan Malaysia dengan syarat di laga lain Vietnam kalah dari Myanmar.

3. Malaysia

Walaupun saat ini ada di posisi ketiga, Malaysia masih berpeluang jadi juara grup B dan menghadapi Indonesia di babak semifinal Piala AFF 2022.

Malaysia bisa jadi juara grup B dengan syarat mengalahkan Singapura di laga terakhir dan pada duel lainnya, Vietnam tak meraih poin penuh lawan Myanmar.

Dengan demikian, Malaysia akan jadi pemuncak klasemen lewat torehan sembilan poin.

Sejarah Panjang Timnas Indonesia dan Timnas Malaysia selalu menjadi atmosfir sepak bola yang sangat menegangkan bagi kedua negara tersebut, Pasalnya Timnas Garuda Dan Harimau Malaya tersebut bisa dibilang musuh bebuyutan dalam hal prestasi sepak bola.

Timnas Indonesia dan Malaysia memiliki sejarah rivalitas yang panjang. Bentrok kedua negara bertetangga itu selalu menyajikan cerita menarik, dramatis, dan penuh kenangan.

Indonesia dengan Malaysia adalah negara serumpun di kawasan Asia Tenggara. Keduanya memiliki ikatan kekerabatan amat kuat, sesama penganut budaya Melayu. Namun jika bicara sepak bola keduanya adalah rival abadi.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Calon lawan Berat Timnas Indonesia di Semifinal AFF 2022 Salah Satunya Musuh Bebuyutan Timnas Garuda

Trending Now