Minang Kabau "SAJAK GUNUANG MARAPI SAGADANG TALUA ITIAK"

QBeritakan.com
Minggu, 20 November 2022 | November 20, 2022 WIB Last Updated 2022-11-23T12:14:31Z



QBeritakan.com - Dari sekian banyak daerah dan suku bangsa yang ada di negeri ini, Minangkabau adalah salah satu dengan sejarahnya yang paling "buram"!!

adalah keterbatasan sumber sejarah khususnya tulis yang membuat masyarakat minang hari ini kesulitan untuk menelusuri dan mempelajari identitas dan sejarahnya.

entah apa sebab, para pendahulu lebih suka bertutur kata, bercerita dengan lisan mengenai identitas dan sejarah dibanding untuk menulisnya..!!
Tambo yang selama ini disebutsebut sebagai salah satu sumber tertulis paling sahih mengenai sejarah (asal usul) dan adat minangkabau, tapi bagi Mansoer (1970) dalam Buku Edwar Djamaris cendikiawan minang, ahli filologi mengatakan "dalam tambo hanya terdapat 2 % fakta sejarah yang tenggelam dalam 98% mitologi.

Hal ini banyak menimbulkan persepsi-persepsi sejarah, menduga-duga dan menerka nerka, nah kali ini penulis akan mengajak untuk menapak tilas asal usul daerah minang kabau menurut persepsi penulis, tidak bermaksut untuk membelokkan sebuah kebenaran atau fakta sejarah, akan tetapi disinilah asiknya ketika tidak akepastian atau catatan sejarah yang sahih untuk sebuah cerita asal mula suatu daerah.

Tak ada salahnya penulis ingin mengutarakan isi otak yang menjubal menjadi bentuk tulisan dari persepsi dan pandangan penulis terhadap asal usul minangkabau, sekali lagi ini hanya persepsi yang tanpa adanya bukti bukti nyata dari tulisan ini.

“Minang Kabau "SAJAK GUNUANG MARAPI SAGADANG TALUA ITIAK" menurut penulis ini hanya sebuah ungkapan bahwa eksistensi suku minangkabau sudah ada semenjak gunung merapi ada, bukan kah gunung itu terbentuk tidak serta merta langsung besar Gunung terbentuk karena lempeng bumi bergerak dan saling menabrak satu sama lain. Ujung lempeng yang menabrak itu menonjol ke permukaan bumi membentuk gunung. Karena Pertumbuhan ekstrusi terjadi akibat menumpuknya material lava di bagian luar gunung, sedangkan pertumbuhan secara intrusi membuat gunung semakin membesar tanpa letusan akibat penumpukan material di bawah permukaan gunung seperti pertumbuhan yang terjadi pada anak Krakatau. Sampai sini paham kan?.

Artinya Suku mingkabau sudah lama ada yang bermukin di tanah datar yang sekarang menjadi Nagari Pariangan, dari sanalah menurut penulis cikal bakal Minang Kabau Berasal, Lalu pertanyaan nya darimana dan siapakah mereka yang tinggal dan bermukim disana ?.
Bersambung

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Minang Kabau "SAJAK GUNUANG MARAPI SAGADANG TALUA ITIAK"

Trending Now