8 Jenis Makanan Yang Dapat Menurunkan Kolesterol Salah Satunya Roti Gandum

QBeritakan.com
Rabu, 23 November 2022 | November 23, 2022 WIB Last Updated 2022-11-23T12:14:30Z

QBeritakan.com -Kesehatan - Kolesterol adalah lemak yang diproduksi di dalam hati. Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi hormon dan melancarkan pencernaan. Berikut 8 makanan penurun kolesterol.

Penderita kolesterol harus menjaga makanan, ada makanan-makanan tertentu yang membuat kadar kolestrol dalam tubuh akan naik, seperti susu, es krim, daging berlemak dan makanan yang bersantan. Kadar kolesterol tinggi karena dipengaruhi oleh gaya hidup dan terutama adalah pola makan, jika anda memiliki kolesterol tinggi dan ketika mau makan-makan atau ngemil, tapi takutnya kolesterol makin tinggi dan tidak normal. 

Nah, kemudian orang yang dulu memiliki kebiasaan ngemil saat tahu bahwa kolesterolnya tinggi hingga dia mengurungkan niatnya untuk ngemil dengan harapan kolesterolnya bisa normal karena tidak ngemil. Dilansir Kanal Youtube Saddam Ismail yang membahas beberapa konten kesehatan, tips diet dan gaya hidup sehat. dr Saddam Ismail selaku Healty Vlogger, Diet tips dan Lifestyle menjelaskan soal jenis-jenis cemilan yang bantu turunkan kolesterol.
 

Berikut ada jenis-jenis makanan penurun kolesterol atau membuat kolesterol normal dan menurunkan kolesterol. Apa saja? Simak Selengkapnya dibawah ini: 

1. Sayur-sayuran
Sayur-sayuran kaya akan serat, vitamin, mineral dan juga sayuran ini dapat membantu menurunkan kolesterol anda. Karena sayuran mengandung rendah kalori, rendah lemak dan rendah natrium, jadi sangat baik menurunkan kolesterol. Rutin mengonsumsi sayur-sayuran setiap hari akan membuat kolesterol anda akan menjadi normal. Satu lagi, pastikan mengolah sayuran tersebut dengan cara yang sehat, makin banyak anda kombinasikan jenis sayuran, makin bagus. Karena makin banyak kombinasi dari nutrisi, vitamin ataupun mineral yang terkandung yang terkandung di dalamnya. Misalnya anda mau membuat sayur sup atau salad sayur yang dipadukan dengan telur atau ayam, itu boleh dicoba buat menambah selera. Tapi ingat komsumsinya jangan berlebihan dan cara masak yang sehat. 

2. Buah-buahan Selanjutnya ada buah-buahan yang dapat jadi cemilan untuk membantu menurunkan kolesterol dan membuat normal kembali. Misalkan buah apel, stroberi, anggur ini semua mengandung pektin.

Pektin ini bisa sebagai obat penurun kolesterol anda dan menurunkan lemak jahat di dalam tubuh. Buah-buahan juga mengandung kalium yang bagus untuk mengendalikan tekanan darah, supaya tekanan darah tidak tinggi. Jadi menjaga kesehatan pembuluh darah juga. 

3. Oatmeal

Sebagian besar orang mengetahui oatmeal untuk makanan orang yang hendak melakukan diet, padahal oatmeal juga bisa sebagai cemilan untuk menurunkan kolesterol tinggi.. Oatmeal sendiri mengandung serat larut yang dapat menyerap kolesterol sehingga dibuang ke sistem pencernaan, jadi tidak diserap oleh tubuh dan dapat menurunkan kolesterol jahat. Serat dalam oatmeal juga bisa meningkatkan produksi asam empedu dan dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh anda. 

4. Pop Corn

Pop Corn yang identik sebagai cemilan yang dikomsumsi ketika menonton di Bioskop saat bersama teman-teman, tetapi ngemil Pop Corn tanpa tonton film dapat anda lakukan. Karena sebagai cemilan sehat yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Pop Corn terbuat dari biji jagung dan tinggi akan serat di dalamnya. Jika anda mau makan pop corn, jangan dikasih mentega dan jangan diolah memakai gula. Anda dapat mengolahnya dengan minyak zaitun, pakai keju yang sehat. Itu jauh lebih baik untuk sebagai cemilan yang akan membantu menurunkan kolesterol. 

5. Roti Gandum

Roti gandum utuh sangat baik untuk menurunkan kolesterol anda, karena roti gandum utuh mengandung protein dan juga mengandung serat. Jika anda akan mengonsumsi roti gandum sebagai makanan cemilan, anda bisa menambahkan keju cheddar karena itu mengandung prebiotik yang bagus untuk pencernaan. 

6. Kacang-kacangan Mengonsumsi kacang-kacangan dapat membantu menurunkan kolesterol hingga dapat meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.

Jenis kacang-kacangan diantaranya adalah kacang almond, ada juga kacang kenari, kacang pecan. Kacang sendiri mengandung tinggi kalori, jadi disarankan untuk makannya jangan terlalu banyak dan berlebihan. 

7. Kentang Kentang sudah menjadi hal biasa dijadikan cemilan dengan diolah berbagai macam, dari kentang dijadikan keripik kentang hingga kentang goreng dan ini biasanya menjadi kurang sehat. Jika anda ingin membuat kentang sebagai cemilan untuk menurunkan kolesterol, anda bisa membuat keripik kentang panggang atau kentang panggang. Kentang sendiri rendah kalori, tinggi akan serat dan mengandung kalium. Yang sangat bagus untuk kesehatan pembuluh darah. 

8. Sup dengan edamame Selanjutnya adalah makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol adalah sup dengan edamame, karena mengandung protein, mengandung serat. Yang bisa membantu menurunkan kolesterol anda. Demikian, Deretan makanan penurun kolesterol, dijamin ampuh tanpa obat dan dengan cara alami.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 8 Jenis Makanan Yang Dapat Menurunkan Kolesterol Salah Satunya Roti Gandum

Trending Now