SKANDAL CINTA & PEMBERONTAKAN MATARAM

QBeritakan.com
Sabtu, 27 April 2024 | April 27, 2024 WIB Last Updated 2024-04-27T11:21:06Z



QBeritakan.comBabad Tanah Jawi menceritakan, bahwa Sultan Pajang (Jaka Tingkir) Punya anak Gadis yang sangat cantik (Sekar Kedaton) suatu saat anak Gadisnya itu tertangkap basah sedang bercinta dengan kekasihnya di Kaputren, kekasih sang Putri Pajang itu adalah putra Tumenggung Mayang. 

Sultan Pajang marah bukan main, akhirnya laki-laki yang menyatroni Putrinya itu dibunuh mati, bukan itu saja, Bapaknya Tumenggung Mayang (Pejabat Kesultanan Pajang ) juga dilucuti jabatannya, kekayaannya dirampas dan juga nantinya akan dibuang ke Semarang. 

Gemetar anak dan suaminya akan dieksekusi, Istri Tumenggung Mayang yang merupakan adik dari Adipati Mataram meminta bantuan ke kakaknya (Sutawijaya). Datanglah Adipati Mataram yang sebetulnya masih anak angkat Sultan Pajang itu ke Istana untuk melobi pembatalan dan hukuman atau peringanan hukuman. Namun Sultan Pajang tak bergeming. 

Eksekusi Pun dilaksanakan, anak Tumenggung Mayang dihukum mati, tidak lama kemudian Tumenggung Mayang dan Keluarganya yang asal usulnya dari Trah Mataram dihinakan sebelum dibuang ke Semarang. 

Singkat cerita arak-arakan tentara Pajang yang membawa Keluarga Tahanan Tumenggung Mayang menuju Semarang, namun ditengah jalan dicegat oleh Pasukan dari Kadipaten Mataram, terjadi pertempuran yang sengit antara keduanya, namun Mataram yang menang, selanjutnya mereka membawa Tumenggung Mayang dan keluarganya ke Mataram. 

Oleh Sultan Pajang, Perbuatan Adipati Mataram dianggap sebagai bentuk pernyataan Pemberontakan, oleh karena itu, Sultan Pajang memutuskan untuk menyerbu Mataram. 

Dalam rangka melakukan penyerbuan, Sultan Pajang langsung memimpin Pasukan ke Mataram dengan membawa 10.000 tentara. Namun sesampainya di Mataram ternyata Gunung merapi Meletus.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • SKANDAL CINTA & PEMBERONTAKAN MATARAM

Trending Now