Teknik Ampuh Untuk Meningkatkan Rank Website Dengan Guest Posting

Wartawan Goes Too Campus
Selasa, 02 Januari 2024 | Januari 02, 2024 WIB Last Updated 2024-01-02T01:16:34Z


QBeritakan.com - Guest  posting atau guest blogging dikenal sebagai salah satu teknik SEO off-page optimization. Hal ini bertujuan untuk menaikkan rank dan performa website kamu. Selain itu, cara ini berguna untuk memudahkan orang mengenal website dan maupun blog kamu.

Lalu apa itu guest posting? Bagaimana caranya mengoptimalkan rank website dengan teknik SEO Off-Page ini? Simak penjelasan dari Banana Boost Digital di bawah yuk!

Apa itu Guest Posting?


Guest posting adalah istilah dalam dunia penulisan artikel online. Seperti namanya, guest posting dilakukan dengan cara menulis sebuah artikel atau blog di website perusahaan atau pihak lain. Dalam artian, kamu menulis dalam sebuah website sebagai tamu atau guest saja.

Biasanya guest posting dilakukan untuk mendatangkan keuntungan bagi penulis, seperti meningkatkan rank website, menyebarkan brand awareness lewat website lain, meningkatkan trafik. membangun relasi dan lainnya.

Dengan menulis di website lain, kamu bisa meningkatkan Domain Authority website kamu. Di sisi lain, penulisan konten di website lain juga bisa menyediakan ruang untuk kegiatan promosi kamu sendiri.

Pentingnya Guest Posting dalam SEO


Guest posting adalah hal baru yang bisa memberikan tampilan berbeda bagi suatu brand. Adanya konten dari penulis lain dapat menjadi penyegaran dari konten reguler atau pembahasan yang sama sebelumnya.

Teknik ini juga dapat memberikan keuntungan untuk kamu loh! Tidak hanya dari segi peningkatan rank dan performa website menurut SEO, guest post bisa membranding mu sebagai figur otoritas di bidang yang kamu lakukan.

Guest post adalah hal baru yang bisa memberikan tampilan berbeda bagi suatu brand. Adanya konten dari tamu atau penulis lain dapat menjadi penyegaran dari rutinitas dan pembahasan yang sama setiap waktu.

Manfaat Guest Posting



Meningkatkan Trafik website


Dalam hal ini, artikel yang kamu tulis di website lain dapat memberikan trafik tambahan di website mu. Untuk mendapatkannya, guest posting seharusnya dilakukan di website dengan Domain Authority yang tinggi.

Guest Posting untuk Link Building


Salah satu manfaat guest posting ialah membantumu membangun backlink dengan situs yang memiliki performa tinggi. Hal inilah yang disebut dengan link building. 

Dengan link building, website mu memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapat posisi atas di Search Engine Result Page (SERP).  Tak hanya itu, performa website akan meningkat. Efeknya bisa dilihat dari peningkatan rangking konten dalam Search Engine.

Meningkatkan Brand Awareness


Guest posting dapat membantumu melebarkan jangkauan brand, Dengan cara ini akan ada lebih banyak orang yang mengenal brand mu lewat website lain. 

Semakin banyak orang yang membaca artikel yang kamu tulis, maka akan makin banyak juga orang yang akan mengenali brand mu. Tak hanya itu, kepercayaan orang terhadap brand kamu juga akan makin meningkat. 

Cara Melakukan Guest Posting


Melakukan guest post juga membutuhkan strategi dan cara yang tepat agar bisa menghasilkan trafik dan bermanfaat bagi website mu seperti dengan cara :

Tentukan Tujuanmu Menulis


Sebelum menulis, tentukan dulu tujuan mu agar mendapatkan hasil yang optimal. Tujuan guest post seperti mendatangkan trafik ke landing page bisnis kamu, menjalin kerja sama, menambah relasi, meningkatkan penjualan dan lainnya.

Guest post juga ampuh untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan SEO website kamu loh. Dengan bertambahnya inbound link dari guest post, kredibilitas bisnis dan ranking website akan meningkat di Search Engine Result Page (SERP).

Menulis di Website Berkualitas


Agar hasil guest post mu optimal, kamu harus mencari website dengan Domain Authority yang tinggi. Menulis artikel atau blog di situs dengan kredibilitas baik dapat meningkatkan trafik dan awareness untuk website mu nantinya.

Tentukan Topik yang Sesuai


Kamu bisa memulai menulis artikel dengan menentukan topik yang sesuai dengan brand. Bagaimana cara menggabungkan brand dari website mu dan website lain sehingga menjadi sebuah artikel yang berkualitas.

Kamu juga perlu mempertimbangkan konten seperti apa yang dapat meningkatkan trafik secara organik di website tersebut.

Tulis Artikel Berkualitas


Tujuan guest post lainnya ialah untuk menunjukkan skill mu dalam menulis konten berkualitas. Untuk itu, buatlah konten yang bisa merefleksikan kemampuan menulis yang kamu punya.

Buatlah konten yang memiliki manfaat, menarik dan bisa memikat audiens lebih banyak. Misalnya kamu bisa membuat tulisan tentang keresahan audiens, tutorial, hiburan dan lainnya. Gunakan kalimat yang interaktif sehingga audiens merasa dilibatkan ketika membaca tulisanmu.

Optimisasi Konten


Setelah membuat konten yang berkualitas, kamu perlu melakukan optimisasi dengan mengikuti ketentuan SEO. Hal ini bertujuan agar konten yang kamu tulis bisa memiliki rank yang tinggi di google.

Optimisasi konten bisa kamu lakukan dengan memperhatikan penggunaan backlink, link building, menambahkan ilustrasi/gambar dan lainnya. Banyak cara yang bisa kamu lakukan agar artikelmu memiliki rank yang tinggi di Search Engine Result Page (SERP).

Itu dia beberapa penjelasan mengenai guest posting, Semoga Bermanfaat 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Teknik Ampuh Untuk Meningkatkan Rank Website Dengan Guest Posting

Trending Now