Rekomendasi Gadget untuk Bisnis Online? Berikut Spesifikasi Smartphone dan Laptop yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Membeli

Wartawan Goes Too Campus
Selasa, 05 Desember 2023 | Desember 05, 2023 WIB Last Updated 2023-12-05T03:00:33Z



QBeritakan.com - Cari Gadget untuk Bisnis Online? Berikut Spesifikasi Smartphone dan Laptop yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Membeli.

Laptop untuk Bisnis Online - Di zaman yang serba instan saat ini, gawai menjadi salah satu barang yang sangat penting. Bahkan, ada pendapat yang mengatakan, “lebih baik ketinggalan dompet daripada ketinggalan smartphone”. Hal ini tidak lain karena segala aktivitas sudah dapat dilakukan melalui gawai tersebut, termasuk berjualan online salah satunya. Smartphone yang tepat tentu akan mendukung kelancaran bisnis Sahabat Wirausaha. Yuk pahami spesifikasi gawai yang penting Sahabat Wirausaha miliki untuk mengoptimalkan jualan online dalam artikel kali ini.

Jenis-jenis Gadget untuk Jualan Online

Mungkin banyak dari kita yang menganggap bahwa gawai sama dengan handphone atau smartphone. Sebetulnya pandangan ini tidak sepenuhnya salah. Hanya saja, faktanya, gawai dengan smartphone tidak memiliki arti yang sama, melainkan smartphone merupakan salah satu jenis gawai. Berikut ini ragam jenis gawai berdasarkan fungsi dan kegunaannya yang perlu Sahabat Wirausaha ketahui:

1. Handphone atau Smartphone

Saat ini, handphone atau yang juga sering disebut dengan smartphone adalah salah satu jenis gawai yang paling banyak digunakan. Seiring berkembangnya teknologi, ada banyak ragam handphone yang dijual di pasaran. Setiap pabrikan handphone menggunakan operating system yang berbeda-beda, seperti misalnya Android dan iOS.

Selain digunakan sebagai media hiburan, jenis gawai ini juga dapat menunjang performa bisnis kita, karena kini handphone atau smartphone dengan mudah tersambung pada internet. Selain itu, terdapat ragam aplikasi yang dapat diunduh untuk membantu kelancaran operasional bisnis Sahabat Wirausaha.

2. Komputer, Laptop, dan Notebook

Selain HP, jenis gawai lain yang juga banyak penggunanya saat ini adalah komputer, laptop, ataupun notebook. Sama seperti smartphone, jenis gawai ini juga banyak digunakan untuk mendukung aneka pekerjaan. OS pendukung gawai ini pun juga sangat beragam, mulai dari Windows, Mac, Linux, dan lain sebagainya.

3. Tablet

Memiliki bentuk yang sedikit lebih lebar daripada smartphone, tablet menjadi gawai paling populer berikutnya. Jika dibandingkan dengan smartphone, keunggulan tablet terletak pada layarnya yang lebih lebar sehingga para pengguna tablet dapat lebih nyaman dan puas, baik untuk streaming, bermain game, hingga membuat desain secara digital.

4. iPad

Jenis gawai ini sangat identik dengan Apple. Sebagai pabrikan gawai nomor satu di Amerika Serikat, Apple turut mengeluarkan iPad yang jadi perpaduan antara tablet dan juga komputer. Menariknya, hampir semua aktivitas yang bisa dilakukan oleh komputer juga bisa Sahabat Wirausaha lakukan di iPad, termasuk aktivitas yang terkait dengan kelancaran bisnis.

Baca Juga: Mengenal Ragam Platform Untuk Membuat Website Toko Online Milik Sendiri

5. Kamera Digital

Kamera digital juga termasuk dalam kategori atau jenis gawai lho Sahabat Wirausaha, baik yang model pocket, DSLR, ataupun mirrorless. Gawai satu ini biasa digunakan untuk mengabadikan berbagai momen penting melalui jepretan foto, dan mendukung tampilan visual bisnis kita.

Spesifikasi Smartphone Untuk Bisnis Online

Jika Sahabat Wirausaha berencana membeli smartphone untuk mendukung performa bisnis jualan online dalam waktu dekat, beberapa spesifikasi ini dapat menjadi pertimbangan, antara lain:

1. Fitur Kamera yang Canggih

Kamera smartphone untuk bisnis online tentu harus memiliki resolusi besar agar dapat menghasilkan gambar yang jernih. Dengan kamera smartphone yang canggih, Sahabat Wirausaha dapat membuat membuat konten bisnis online yang menarik, baik foto maupun video, sehingga bisa menunjang personal branding bisnis secara maksimal.

2. Kapasitas Penyimpanan Super Besar

Kapasitas penyimpanan juga menjadi salah satu faktor yang sangat penting dipertimbangkan Sahabat Wirausaha saat memilih smartphone untuk bisnis online. Kapasitas penyimpanan yang ekstra besar akan membuat Sahabat tidak kesulitan dalam menyimpan foto, video, dan dokumen penting yang berkaitan dengan bisnis online.

3. RAM Besar

Smartphone untuk performa jualan online juga harus dilengkapi dengan RAM besar, minimal 4 hingga 8 GB, agar Sahabat Wirausaha tidak kesulitan ketika melakukan aktivitas yang multitasking, misalnya mengakses marketplace sambil melakukan editing foto dan video, serta membalas chat dari pelanggan. Saat ini sudah banyak merek Smartphone yang dilengkapi dengan RAM besar dengan harga terjangkau.

4. Kapasitas Baterai yang Besar

Kapasitas baterai smartphone yang besar juga sangat penting Sahabat untuk menunjang bisnis online, sehingga aktivitas Sahabat Wirausaha tidak terhambat oleh hp yang sering lowbat. Apalagi jika Sahabat membuka banyak aplikasi, tentu konsumsi baterai akan besar. Jadi, perhatikan faktor kapasitas baterai juga ya.

Spesifikasi Laptop Untuk Bisnis Online

Setelah mengetahui spesifikasi smartphone yang tepat, Sahabat Wirausaha juga perlu mengetahui spesifikasi laptop untuk mendukung performa bisnis jualan online dalam waktu dekat. Adapun spesifikasi yang perlu menjadi pertimbangan, antara lain:

1. Kapasitas CPU dan RAM

Jika Sahabat Wirausaha lebih banyak menggunakan platform online dan membutuhkan stabilitas koneksi internet dalam waktu yang lama dalam bisnis, prosesor seperti seri intel i3 dapat menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika Sahabat Wirausaha lebih banyak menggunakan software yang menuntut spesifikasi tinggi seperti aplikasi desain atau video editing, maka prosesor AMD dapat menjadi pilihan.

Terkait dengan RAM, jika budget Sahabat mencukupi, pilihlah laptop yang memiliki spesifikasi minimal 4GB RAM atau lebih. Pada dasarnya, RAM berukuran 2GB masih sangat mampu memfasilitasi kerja bermacam aplikasi bisnis yang saat ini sering digunakan. Namun tidak dapat dipungkiri, dengan memiliki RAM yang lebih besar, multitasking akan lebih lancar dilakukan.

2. Kapasitas Penyimpanan

Dalam menjalankan bisnis, tentu ada banyak sekali data yang perlu Sahabat Wirausaha simpan dalam laptop, seperti rekaman video presentasi, foto beresolusi lebih dari 2000 pixels, file vector desain, dan lain sebagainya. Dalam kondisi seperti ini, memiliki kapasitas penyimpanan minimal 500 GB akan sangat membantu pebisnis seperti kita.

3. Tingkat Keawetan Baterai

Baterai berkapasitas besar yang mampu mendukung kerja prosesor laptop bisnis merupakan hal terakhir yang perlu diperhatikan Sahabat Wirausaha. Hindari membeli laptop untuk bisnis online dengan baterai yang hanya memiliki 3 atau 4 cell, karena meskipun terinformasi sanggup bekerja 5 hingga 7 jam, pada praktiknya laptop tersebut hanya mampu bertahan 2 hingga 3 jam saat digunakan tanpa charger.

Sebagai informasi, semakin besar daya baterai biasanya semakin besar pula berat laptopnya. Baterai yang memiliki 6 hingga 9 cell akan terasa lebih berat dan mengurangi kenyamanan bagi Sahabat Wirausaha dengan mobilitas tinggi. Oleh karena itu, jika diperlukan, Sahabat Wirausaha dapat mempertimbangkan untuk membeli baterai cadangan juga.

Sahabat Wirausaha, itulah penjelasan terkait spesifikasi gawai yang perlu Sahabat Wirausaha perhatikan untuk mendukung performa bisnis online. Semoga dapat menambah wawasan, selamat bertumbuh!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:

business2community.com. Using mobile phone for online business productivity.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Rekomendasi Gadget untuk Bisnis Online? Berikut Spesifikasi Smartphone dan Laptop yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Membeli

Trending Now