Pengeboman Tewaskan Puluhan Warga Palestina Setelah Tank-Tank Israel Merangsek ke Kota Gaza Tengah

Wartawan Goes Too Campus
Jumat, 29 Desember 2023 | Desember 29, 2023 WIB Last Updated 2023-12-29T01:25:36Z


QBeritakan.com - Tank-tank Israel menyerbu jauh ke dalam sebuah kota di Jalur Gaza tengah pada Kamis, (28/12/2023) setelah berhari-hari pemboman tanpa henti yang memaksa puluhan ribu keluarga Palestina yang sudah mengungsi untuk mengungsi dalam eksodus baru.

Seorang jurnalis Palestina memposting gambar tank-tank Israel di dekat sebuah masjid di kawasan Bureij, kontingen lapis baja tersebut tampaknya telah maju dari kebun buah-buahan di pinggiran timur. 

Tiga warga Palestina tewas dalam serangan rudal Israel terhadap sebuah rumah di kamp Maghazi timur laut di Gaza tengah, kata pejabat kesehatan.

Lebih jauh ke selatan, pasukan Israel menyerang daerah sekitar sebuah rumah sakit di pusat Khan Younis, kota utama di selatan Gaza, di mana penduduk khawatir akan adanya serangan darat baru ke wilayah yang penuh dengan keluarga yang kehilangan tempat tinggal dalam 12 minggu perang Israel-Hamas.

Dalam salah satu serangan udara mematikan terbaru Israel, 20 warga Palestina tewas dan 55 lainnya luka-luka di Rafah, sebuah kota besar dekat perbatasan selatan dengan Mesir, kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan Gaza Ashraf Al-Qidra. Bangunan mereka yang dibom adalah perumahan warga sipil yang terlantar, menurut petugas medis dan penduduk setempat.

Video Reuters menunjukkan tim penyelamat dengan panik mengais-ngais puing-puing untuk menemukan dan mengeluarkan korban termasuk seorang bayi dan beberapa anak-anak dan membawa mereka melewati kerumunan orang yang kebingungan dan menangis ke Rumah Sakit Kuwait terdekat.

Otoritas kesehatan Palestina mengatakan sebelumnya bahwa 210 orang dipastikan tewas dalam serangan Israel dalam 24 jam terakhir, meningkatkan jumlah korban warga Palestina yang tewas dalam perang sejauh ini menjadi 21.320 – hampir 1% dari populasi Gaza. Ribuan orang lainnya yang tewas dikhawatirkan terkubur atau hilang di reruntuhan.

Selama perang, militer Israel telah menyatakan penyesalannya atas kematian warga sipil, namun mereka menuduh Hamas beroperasi di daerah padat penduduk dan menggunakan warga sipil sebagai tameng manusia, sebuah tuduhan yang dibantah oleh kelompok tersebut.

Israel telah meningkatkan serangan daratnya di Gaza secara tajam sejak sebelum Natal meskipun ada permintaan publik dari sekutu terdekatnya, Amerika Serikat (AS), untuk mengurangi skala serangan pada minggu-minggu terakhir tahun ini.

Mereka melancarkan perang untuk menghancurkan gerakan militan Islam Hamas yang menguasai Gaza setelah para pejuang mengamuk di kota-kota Israel dalam serangan lintas batas pada 7 Oktober, menewaskan 1.200 orang dan menyandera sekira 240 orang.

Fokus utama pertempuran kini terjadi di wilayah tengah di selatan lahan basah yang membelah jalur pantai sempit, tempat pasukan Israel memerintahkan warga sipil keluar selama beberapa hari terakhir ketika tank mereka mendekat.

Puluhan ribu orang yang melarikan diri dari distrik Nusseirat, Bureij dan Maghazi yang padat menuju ke selatan atau barat pada hari Kamis menuju kota Deir al-Balah yang sudah kewalahan di sepanjang pantai Mediterania, berkumpul di kamp-kamp tenda darurat yang dibangun dengan tergesa-gesa.

“Lebih dari 150.000 orang – anak-anak, perempuan yang membawa bayi, penyandang disabilitas, dan orang lanjut usia – tidak punya tempat tujuan,” kata organisasi utama PBB yang beroperasi di Gaza, UNRWA, dalam sebuah unggahan di media sosial.

Bagian timur Bureij menjadi lokasi pertempuran sengit pada Kamis pagi, dengan tank-tank Israel menyerbu dari utara dan timur, kata warga dan militan.

“Saat itu telah tiba, saya berharap hal itu tidak akan pernah terjadi, namun tampaknya pengungsian adalah suatu keharusan,” kata Omar, (60), yang mengatakan bahwa ia terpaksa pindah bersama setidaknya 35 anggota keluarganya. Dia menolak memberikan nama belakangnya karena takut akan pembalasan.

Yamen Hamad, yang tinggal di sebuah sekolah di Deir al-Balah sejak melarikan diri dari utara, mengatakan orang-orang yang baru mengungsi dari Bureij dan Nusseirat mendirikan tenda di mana pun ada lahan terbuka.

Khan Younis, tempat pasukan Israel maju bulan ini setelah gencatan senjata gagal pada 1 Desember, juga mendapat pemboman besar-besaran pada Kamis pagi dari pesawat tempur dan tank di dekat rumah sakit al-Amal, sebelah barat posisi Israel.

Bulan Sabit Merah Palestina, yang mengelola rumah sakit tersebut dan memiliki kantor pusat di dekatnya, mengatakan 10 warga Palestina tewas dan 12 lainnya terluka dalam satu pemboman di sana, serangan ketiga yang menargetkan area sekitar rumah sakit dalam waktu kurang dari satu jam.

Warga mengatakan mereka yakin pasukan Israel berusaha memprovokasi eksodus baru menjelang serangan darat lebih lanjut.

Hampir semua dari 2,3 juta penduduk Gaza telah diusir dari rumah mereka setidaknya sekali dan beberapa kali. Hanya segelintir rumah sakit yang masih berfungsi.

Dalam sebuah pernyataan pada Kamis, militer Israel mengatakan mereka “menyesal atas kerugian yang ditimbulkan terhadap warga sipil yang tidak terlibat” akibat serangan udara pada 24 Desember di kamp pengungsi Maghazi yang menewaskan 70 orang, menurut kementerian kesehatan Palestina.

Pernyataan itu mengatakan pesawat-pesawat tempur menyerang dua sasaran yang berdekatan dengan tempat militan Hamas beroperasi, dan penyelidikan awal menunjukkan bangunan-bangunan lain di dekatnya juga terkena serangan, "yang kemungkinan menyebabkan kerugian yang tidak disengaja terhadap warga sipil tambahan yang tidak terlibat". Ia menambahkan: "IDF ... bertindak untuk menarik kesimpulan dan mengambil pelajaran dari peristiwa ini."

Kementerian Kesehatan Palestina mengecam serangan itu sebagai pembantaian di lapangan perumahan yang padat penduduk.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pengeboman Tewaskan Puluhan Warga Palestina Setelah Tank-Tank Israel Merangsek ke Kota Gaza Tengah

Trending Now