Jelang Nataru Ini 4 Gunung di Sumbar yang Ditutup untuk Aktivitas Pendakian

Wartawan Goes Too Campus
Rabu, 20 Desember 2023 | Desember 20, 2023 WIB Last Updated 2023-12-20T20:40:40Z


QBeritakan.com - Ini 4 gunung di Sumbar yang ditutup untuk aktivitas pendakian jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Keempat gunung tersebut, yakni Marapi, Singgalang, Tandikek dan Sago.

Penutupan ini tertuang dalam pengumuman Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar nomor PG.2260/K.9/TU/KSA/2023.

Seiring dengan peristiwa erupsi Gunung Marapi yang terjadi pada Minggu, 3 Desember 2023 lalu.

Plh Kepala BKSDA Sumbar, Dian Indriati mengatakan, penutupan pendakian ini untuk mengantisipasi dampak erupsi Gunung Marapi yang terjadi dan agar kejadian serupa tidak kembali berulang.

“Penutupan dilakukan mengingat adanya pendakian yang dilakukan pada akhir tahun,” katanya dalam keterangan resmi BKSDA Sumbar ke awak media, ditulis, Rabu, 20 Desember 2023.

Dian menjelaskan, jika masih ada pendaki yang melanggar pengumuman tersebut dan masih nekat untuk melakukan pendakian maka pihaknya tidak bertanggung jawab atas keselamatan mereka.

“Pendaki yang masih melanggar, kami tidak bertanggung jawab atas keselamatan atau apapun yang terjadi terhadap para pendaki,” tegasnya.

Penutupan keempat gunung tersebut dilakukan BKSDA Sumbar hingga waktu yang tidak ditentukan.

Dian juga mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) terkait status gunung.

“Kami akan berkoordinasi dengan PVMBG sebagai instansi yang berwenang. Dan mempunyai alat yang memang bisa mendeteksi aktifitas gunung berapi,” katanya.

Terkait penjagaan pintu masuk pendakian, Dian juga meminta seluruh elemen untuk turut mengawasi kawasan pendakian yang ditutup tersebut.

“Kami mohon bantuan pemerintah daerah, aparat keamanan, wali nagari dan masyarakat di sekitar lokasi pendakian mohon turut serta melakukan pemantauan,” katanya. (*)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jelang Nataru Ini 4 Gunung di Sumbar yang Ditutup untuk Aktivitas Pendakian

Trending Now