Inilah Sosok Pria yang Pertama Kali Evakuasi Pendaki Marapi Sumbar, Gendong Korban Sampai ke Bawah

Wartawan Goes Too Campus
Jumat, 08 Desember 2023 | Desember 08, 2023 WIB Last Updated 2023-12-13T12:29:37Z



QBeritakan.com - Heroik! Inilah pria yang pertama kali evakuasi pendaki Marapi Sumbar, gendong sampai ke bawah.

Sosok Tomy, seorang pemuda asal Nagari Batu Palano menjadi orang pertama yang mengevakuasi korban saat erupsi Gunung Marapi pada Minggu, 3 Desember 2023.

Pria yang akrab disapa Uda Tomy ini mengaku, berhasil mencapai cadas Puncak Merpati Gunung Marapi. Saat itu, dirinya melihat langsung pendaki yang terdampak erupsi gunung Marapi dan langsung melakukan proses evakuasi.

Hal itu diungkapnya dan dibagikan oleh akun Instagram @marapi2891_mdpl pada Kamis 7 Desember 2023.

"'Gak ada yang lain yang baju-baju oren itu ndak ado. Aku dari puncak Marpati itu turun ke bawah," kata Uda Tomy dilansir Halonusa.com melaluii kanal YouTube Bornet Studio, Jumat, 8 Desember 2023.

Selama proses evakuasi, Uda Tomy mengaku, berusaha menggendong pendaki turun dari gunung Marapi dengan berbagai risiko yang dihadapi.

"Tomy berhasil membawa turun korban MD dengan cara digendong karena tidak ada kantong jenazah," tulis keterangan akun Instagram itu.

Tomy dan temannya sempat bersembunyi di bawah batu besar karena terjadi lagi erupsi saat mencoba evakuasi.

Tampak dalam video yang direkam seorang temannya, saat evakuasi Tommy menggendong seorang jenazah wanita bahkan saat berjalan turun, Tommy dan rekannya
kembali menemukan jenazah yang dalam kondisi tanpa kepala.

Warga pun dibuat salut akan keberanian Uda Tomy dan rekannya, dia akhirnya sampai dari Puncak Marpati menuju kawasan kem Cadas.

Berkat aksi heroiknya tersebut, Tomy mendapatkan banyak apresiasi dari netizen. Bahkan tak sedikit yang meminta agar pemerintah memberikan penghargaan kepadanya. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Inilah Sosok Pria yang Pertama Kali Evakuasi Pendaki Marapi Sumbar, Gendong Korban Sampai ke Bawah

Trending Now