Eks KRI Teluk Bone Tiba di Pariaman, Yang Akan di Jadikan Museum Bahari

QBeritakan.com
Jumat, 29 September 2023 | September 29, 2023 WIB Last Updated 2023-09-29T03:30:23Z



QBeritakan.com - Eks Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Teluk Bone sudah tiba di perairan Kota Pariaman, Sumatra Barat (Sumbar) pada Kamis (28/9/2023). Pemko Pariaman berencana menjadikan kapal ini sebagai Museum Bahari.

Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengatakan, dengan kedatangan eks KRI Teluk Bone 511 ini yang memiliki panjang 100 meter dan lebar 15 meter ini, menegaskan bahwa Pariaman merupakan Kota Maritim yang ada di Indonesia.

"Dan satu-satunya di Indonesia yang mempunyai eks kapal perang yang akan kita jadikan museum bahari, sebagai edukasi bagi generasi yang akan datang,” ungkap Genius Umar dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/9/2023).

Ia menyebutkan bahwa Kota Pariaman memiliki sejarah terkait Angkatan Laut (AL). Pada tahun 1946 diketahui, Pariaman yang terletak di pesisir pantai Sumbar ini telah menjadi Markas Komando Tentara Kemanan Rakyat (TKR) Laut Sumatra Tengah, yang dikenal sebagai Markas AL Pangkalan Besar Pariaman.

“Kota Pariaman dulunya mempunyai sejarah panjang sabagai pangkalan Angkatan Laut di Sumatra kala itu, dan diujung muaro Pariaman, telah kita bangun Monumen TNI AL," bebernya.

"Dengan ditambah dengan adanya KRI Teluk Bone 511 yang akan kita jadikan museum ini, semakin menguatkan bahwa Kota Pariaman, merupakan sebagai Kota Maritim di indonesia, dan hal ini dapat sebagai wisata sejarah dan dapat kita lestarikan kepada generasi selanjutnya,” terangnya.

Genius mengatakan, Pemko Pariaman berniat menjadikan ex KRI Teluk Bone 511 sebagai museum bahari untuk pusat edukasi. Hal ini sekaligus destinasi wisata agar mampu mendorong peningkatan perekonomian daerah. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Eks KRI Teluk Bone Tiba di Pariaman, Yang Akan di Jadikan Museum Bahari

Trending Now