Aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK) kembali mengalami erupsi

Prasetyo Budi
Selasa, 12 September 2023 | September 12, 2023 WIB Last Updated 2023-09-11T17:21:41Z



QBeritakan.com -  Aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK) kembali mengalami erupsi sebanyak satu kali pada Senin, 11 September 2023 sekitar pukul 08.42 WIB. Sebelumnya terjadi pergerakan aktivitas GAK pada Minggu, 10 September 2023. 

"Kemarin dan tadi terjadi erupsi, kemarin erupsi sebanyak 6 kali, dan tadi pagi sekitar pukul 08.42 WIB kembali erupsi. Ketinggian abu vulkanik berkisar 300-1.000 meter ke arah timur," kata Suarno, petugas Pos Pantau GAK di Desa Hargopancuran, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan. 


Meningkatnya aktivitas GAK hingga berstatus Siaga III, masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak termakan isu hoaks. "Belum bisa dipastikan atau diprediksi akan terjadi erupsi yang terus-menerus, namun hal itu bisa saja terjadi karena GAK menunjukkan aktivitasnya," lanjut Suarno. 

Dalam imbauannya, masyarakat diminta untuk mentaati aturan pemerintah dengan tidak mendekati gunung api ini. Hal itu untuk menghindari dampak erupsi. "Yang terpenting masyarakat selalu waspada dan harus mentaati aturan pemerintah dalam radius 5 kilo meter dari puncak GAK," ujarnya.

Menurutnya, yang dihawatirkan dampak dari erupsi tersebut, adanya lontaran material erupsi. "Jika ada abu vulkanik mengarah ke timur harus pakai masker dan yang berkendaraan roda dua pakai helm yang ada kaca, dikarenakan abu vulkanik ini sangat berbahaya, baik itu di pernapasan dan iritasi ke mata," katanya.

"Untuk masyarakat yang tinggal di pesisir, agar tetap tenang karena aktifitas ini seperti biasa, dan jangan terpancing isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, yang penting waspada," harapnya. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK) kembali mengalami erupsi

Trending Now