Timnas Indonesia U-17 Diambil Alih Frank Wormuth, Bima Sakti Beri Tanggapan Gini!

QBeritakan.com
Sabtu, 05 Agustus 2023 | Agustus 05, 2023 WIB Last Updated 2023-08-05T14:55:28Z


QBeritakan.com - Timnas Indonesia U-17 yang semula diasuh oleh Bima Sakti kini dikabarkan telah diambil alih oleh Frank Wormuth. Namun, kabar pelatih kelahiran Berlin itu mengambil alih Timnas Indonesia U-17 adalah disinformasi.

Disebutkan pula bahwa Frank Wormuth langsung memimpin latihan Timnas Indonesia U-17 ala Jerman. Kabar Frank Wormuth mengambil alih Timnas Indonesia U-17 ini disebarkan oleh kanal YouTube Andalan Timnas yang mengunggah video berdurasi 3 menit 7 detik.

Akun tersebut memposting video dengan judul "TIMNAS U-17 DIAMBIL ALIH ! Frank Wormuth Pimpin Latihan Ala Jerman - Bima Sakti Beri Tanggapan Gini".

Narasi dengan keterangan serupa juga terlihat pada thumbnail video. Tampak potret para pemain Timnas Indonesia dan Frank Wormuth. 

Saat artikel ini ditulis, video tersebut telah ditonton sebanyak lebih dari 17.000 penayangan. Namun, benarkah Frank Wormuth mengambil alih Timnas Indonesia U-17?
Benarkah Frank Wormuth ambil alih Timnas Indonesia U-17. (sumber: [YouTube/Andalan Timnas])

PENJELASAN:

Kabar yang menyebutkan bahwa Frank Wormuth ambil alih Timnas Indonesia U-17 untuk dilatih bergaya khas Jerman merupakan informasi palsu.

Narator dalam video tersebut hanya membahas terkait Frank Wormuth yang sebelumnya didatangkan untuk mendampingi Bima Sakti kini akan memimpin langsung pasukan Garuda muda jelang laga kedua di International Youth Championship IEC 2023.

Langkah ini dilakukan karena Frank Wormuth ingin mengaplikasikan arahannya secara langsung kepada Arkhan Kaka dan kawan-kawan. Tak hanya itu, narator juga menyebut perihal tanggapan baik dari Bima Sakti ketika PSSI mendatangkan Frank Wormuth sebagai juru taktik yang akan mendampingi dirinya.

Lebih lanjut, Bima Sakti memang menyebut bahwa Frank Wormuth ingin melihat kemampuan permainan para pemain Garuda untuk mengukur apakah metode Jerman bisa diterapkan atau tidak.

Namun setelah ditelusuri melalui situs resmi PSSI atau media sosialnya, tidak ada pengumuman maupun pernyataan resmi bahwa Timnas Indonesia U-17 diambil alih oleh Frank Wormuth.

Pasalnya, Erick Thohir menyebut bahwa Frank Wormuth sudah sepakat untuk mendampingi Bima Sakti, bukan menggantikan posisinya sebagai pelatih kepala.

Dengan kata lain, Frank Wormuth tidak mengambil alih Timnas Indonesia U-17, sebagaimana yang diklaim pada judul unggahan. Artinya, isi video tersebut tidak sesuai.

Tak hanya itu, foto yang ditampilkan pun hanyalah rekayasa. Kabar yang menyebutkan bahwa Frank Wormuth mengambil alih Timnas Indonesia U-17 adalah berita bohong.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Timnas Indonesia U-17 Diambil Alih Frank Wormuth, Bima Sakti Beri Tanggapan Gini!

Trending Now