STARSHIP TROOPERS : FILM KULTUS ALIEN ARAKHNIDA

QBeritakan.com
Sabtu, 19 Agustus 2023 | Agustus 19, 2023 WIB Last Updated 2023-08-19T13:09:34Z


QBeritakan.com - Sedikit mengenang salah satu film Alien tebaik di masanya. Meskipun memiliki beberapa sequel namun versi pertamanya selalu disebut-sebut yang terbaik.

Starship Troopers adalah sebuah film aksi fiksi ilmiah Amerika Serikat tahun 1997 yang disutradarai oleh Paul Verhoeven . Film ini didasarkan pada novel tahun 1959 dengan judul yang sama karya Robert A. Heinlein dan ditulis oleh Ed Neumeier .

Berlatar abad ke-23, film ini mengikuti kisah remaja Johnny Rico dan teman-temannya saat mereka bertugas di militer di bawah pemerintahan dunia , yang dikenal sebagai United Citizen Federation.

Saat umat manusia menjelajahi dan menjajah luar angkasa, mereka berkonflik dengan spesies asing yang dikenal sebagai Arakhnida, yang menyebabkan perang antarbintang .
 
Film ini dibintangi oleh Casper Van Dien , Dina Meyer, Denise Richards , Jake Busey , Neil Patrick Harris , Patrick Muldoon , dan Michael Ironside .

Pengembangan Starship Troopers dimulai pada tahun 1991 sebagai proyek terpisah bernama Bug Hunt at Outpost 7 , yang ditulis oleh Neumeier.

Produser Jon Davison melihat banyak kesamaan antara karya Neumeier dan buku Heinlein dan memintanya untuk mengerjakan ulang naskah agar lebih dekat mengikuti novel dan mendapatkan lebih banyak minat dari eksekutif studio. Meski begitu, pengembangannya lambat, dengan studio tetap tidak berkomitmen untuk mendanai proyek mahal hingga tanggal pembuatan film.

 Syuting dimulai pada April 1996 dengan  anggaran $100–110 juta, hampir setengahnya dilakukan untuk pembuatan   CGI  dan efek  yang diperlukan untuk menghidupkan makhluk Arachnid, sebelum ditutup pada bulan Oktober itu.

Dirilis pada 7 November 1997, Starship Troopers menerima ulasan negatif dari para kritikus, yang menganggap film tersebut mempromosikan fasisme, mengkritik kekerasan dan penampilan para pemeran utamanya, dan beberapa tuduhan datar terhadap Verhoeven dan Neumeier sebagai simpatisan Nazi.

Terlepas dari kesuksesan awal, ulasan negatif dan umpatan yang buruk menyebabkan pendapatan kotor box office film tersebut turun dari minggu ke minggu sampai meninggalkan bioskop, dan menghasilkan $ 121 juta dari anggarannya, menjadi hanya  film dengan pendapatan kotor tertinggi ke-34 tahun itu.
 
Performa Starship Troopers yang buruk disalahkan, sebagian, pada persaingan dari sejumlah besar film fiksi ilmiah dan genre yang sukses atau diantisipasi yang dirilis tahun itu, dan konten satir dan kekerasannya gagal terhubung dengan penonton arus utama.

Verhoeven percaya bahwa kesalahpahaman penonton tentang film tersebut adalah hasil dari pemasaran yang buruk yang menampilkan Starship Troopers sebagai film aksi, bukan sindiran.

Sejak dirilis, Starship Troopers telah dievaluasi ulang secara kritis, dan sekarang dianggap sebagai kultus klasik dan sindiran fasisme dan pemerintahan otoriter yang telah tumbuh relevansinya. Film ini membantu meluncurkan franchise multimedia yang mencakup empat sekuel, Starship Troopers 2: Hero of the Federation (2004), Starship Troopers 3: Marauder (2008), Starship Troopers: Invasion (2012), dan Starship Troopers: Traitor of Mars (2017). ), serta serial televisi animasi, Roughnecks: Starship Troopers Chronicles (1999), video game, komik, dan beragam merchandise.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • STARSHIP TROOPERS : FILM KULTUS ALIEN ARAKHNIDA

Trending Now