Edukasi Penggunaan Internet di SMAN 15 Oleh Tim PKM Uiversitas Negeri Padang

QBeritakan.com
Rabu, 16 Agustus 2023 | Agustus 16, 2023 WIB Last Updated 2023-08-16T14:29:04Z


 
QBeritakan.com - Penggunaan internet memberikan dampak terhadap berbagai aspek dalam kehidupan siswa.

Secara positif, internet dapat mendukung proses pembelajaran siswa di sekolah.

Di sisi lain, siswa juga membutuhkan arahan yang tepat agar dapat menggunakan internet secara lebih bijaksana agar tidak terjebak pada perilaku-perilaku negatif secara online.

Untuk menjawab permasalahan ini, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Padang melaksanakan Kegiatan Psikoedukasi dan Shortcourse pada Rabu (16/8), bertempat di musholla SMAN 15 Padang.

Tema yang diusung adalah efektivitas penggunaan internet dan peningkatan engagement siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini sepenuhnya didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Padang.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh tim yang diketuai oleh Izzanil Hidayati, S.Psi.,M.A. (dosen Departemen Psikologi, FPK UNP), dan beranggotakan Putri Sukma Deri, M.Psi., Psikolog (dosen Departemen Psikologi, UNP) serta Serly Safitri, M.Pd (dosen Departemen PGSD, FIP UNP). Pelaksanaan kegiatan ini juga turut melibatkan dua mahasiswa departemen Psikologi, dengan harapan mahasiswa mendapatkan pengalaman mengenai pelaksanaan kegiatan pengabdian di masyarakat dengan menerapkan konsep dari keilmuan Psikologi secara langsung.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dibuka secara resmi oleh wakil kepala SMAN 15 bidang kesiswaan Bapak Masrizal, M.Pd. serta juga turut hadir dua orang guru Bimbingan dan Konseling.

Peserta dari kegiatan pengabdian ini sebanyak 34 orang siswa. Narasumber dalam kegiatan ini ialah Agitia Kurniati Asrila, S.Psi., M.A. dan Silvi Juwita, M.Psi., ilmuwan psikologi yang menguasai dengan baik terkait dengan topik yang akan diberikan. Silvi Juwita, M.Psi. memaparkan materi mengenai penggunaan internet diberikan dengan menjelaskan mengenai pengenalan penggunaan internet secara efektif, penggunaan internet yang problematik serta penggunaan internet yang berlebihan.

Beliau juga memaparkan dampak positif dan negatif penggunaan internet, serta upaya dan strategi penggunaan internet secara efektif sebagai media pembelajaran, komunikasi, kreativitas, dan karir. Sementara itu, Agitia Kurniati Asrila, S.Psi., M.A. membantu siswa untuk memahami dan lebih sadar terkait pentingnya keterlibatan dalam proses pembelajaran, faktor-faktor yang terkait dengan hal tersebut, serta identifikasi dan perencanaan mengenai cara yang tepat untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam belajar.

Di akhir acara, kepala sekolah SMAN 15 Padang menuturkan bahwa “penggunaan internet yang bijak sangat diperlukan di era perkembangan digital saat ini, supaya tidak terjadi aktivitas-aktivitas penggunaan yang tidak bermanfaat bagi siswa, selain itu melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu siswa untuk lebih termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran secara aktif”.***

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Edukasi Penggunaan Internet di SMAN 15 Oleh Tim PKM Uiversitas Negeri Padang

Trending Now