20 Ribu Petambak Udang Dipasena Keluhkan Penurunan Produksi Hingga 75 Ton Per Hari

QBeritakan.com
Rabu, 09 Agustus 2023 | Agustus 09, 2023 WIB Last Updated 2023-08-09T15:39:40Z


QBeritakan.com - Sebanyak 20 ribu petambak udang Dipasena, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung mengeluhkan adanya penurunan produksi udang yang cukup drastis.

Ketua Perhimpunan Petambak Pembudidaya Udang Wilayah (P3UW) Lampung Suratman mengatakan, penurunan produksi udang itu mencapai sekitar 75 ton per hari dan diperkirakan mengalami penurunan omzet hingga miliaran rupiah per harinya.

"Iya saat ini turun. Dari biasanya normal itu bisa produksi 60 sampai 90 ton per hari. Saat ini cuma di bawah 15 ton per hari, kami sangat prihatin dengan kondisi saat ini," kata Ketua P3UW Lampung, Suratman dalam keterangannya, Selasa (8/8).

"Harga dasar udang itu sekitar Rp 60 ribu per kilogramnya, ada penurunan mulai dari 35 ton bahkan lebih, tinggal dikalikan saja berapa jika dirupiahkan," ucapnya.

Suratman menjelaskan, turunnya produksi udang Dipasena Lampung saat ini salah satunya diakibatkan karena adanya pendangkalan saluran irigasi tambak.

"Ini sudah terjadi sekitar 10 tahun terakhir, dan paling parah dua tahun terakhir. Pada tahun 2020-2021 masih cukup bagus, namun pada tahun 2021 sampai saat ini cukup parah," jelasnya.

Menurutnya, adanya pendangkalan saluran irigasi mengakibatkan bakteri yang tidak menguntungkan berkembang sehingga mempengaruhi proses produksi udang.

"Makanya solusinya terbaik menurut kami itu bagaimana saluran itu dipelihara, dirawat atau dibersihkan," ujarnya.

Namun yang menjadi persoalan saat ini, diungkapkan Suratman, terjadinya pendangkalan itu karena berkaitan soal kejelasan status aset.

Di mana, aset saluran irigasi seluas 1.490 hektare itu saat ini belum ada kejelasan.

"Pendangkalan itu berkaitan dengan aset, dari PUPR sudah melakukan desain, namun terkendala ketika mau dieksekusi tentang kepastian aset ini, makanya kami bertemu dengan BPN Provinsi Lampung dan Pemprov Lampung. Mereka sudah memberikan penjelasan bahwa saat ini sedang proses," ungkapnya. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 20 Ribu Petambak Udang Dipasena Keluhkan Penurunan Produksi Hingga 75 Ton Per Hari

Trending Now