Tarif Tol Bengkulu Taba Penanjung Yang Baru saja Diresmikan Presiden Jokoowidodo

QBeritakan.com
Jumat, 21 Juli 2023 | Juli 21, 2023 WIB Last Updated 2023-07-21T04:33:29Z

QBeritakan.com - Jalan Tol Bengkulu Taba Penanjung telah diresmikan oleh Presiden Jokowi.

Kini, yang menjadi pertanyaan masyarakat adalah berapa tarif biaya Tol Bengkulu Taba Penanjung?

Ya, jalan tol biasanya menerapkan tarif tertentu untuk para penggunanya. Hal ini dikarenakan pembangunan jalan tol tersebut.

Begitu juga untuk jalan tol Bengkulu Taba Penanjung yang mempunyai tarif biayanya sendiri.

Dilansir dari bengkuluprov.go.id, tarif biaya jalan Tol Bengkulu Taba Penanjung yang baru diresmikan ini gratis.

Masyarakat umum dapat menggunakan fasilitas jalan tol tersebut secara gratis selama waktu yang ditentukan oleh PT Hutama Karya.

“Untuk tahap awal posisinya digratiskan, sampai menunggu petunjuk operasional berikutnya, tentu secara otomatis pengelolaan kan di bawah PT. HK dan instansi kewenangannya dalam pengelolaan jalan tol,” jelas Gubernur Rohidin.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah berharap bahwa Tol Bengkulu Taba Penanjung ini dapat menjadi salah satu penggerak ekonomi Provinsi Bengkulu.

Ia juga mengatakan bahwa jalan tol ini merupakan salah satu grand design Proyek Strategis Nasional (PSN) di kawasan pulau Sumatera yang menjadi sirip dari Tol utama yang mengarah ke Samudera Hindia.

Rohidin kemudian mengajak masyarakat untuk menjaga dan merawat jalan tol dan infrastruktur lainnya agar manfaatnya bisa terasa oleh semua masyarakat.

Karena menurutnya jalan Tol yang telah dibangun dan dioperasikan ini akan menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Provinsi Bengkulu.
Sehingga ia berharap masyarakat juga terus secara bersama-sama mempunyai rasa memiliki dan tanggung jawab dengan infrastruktur yang ada di Bengkulu termasuk jalan Tol ini.
"Sehingga kemanfaatan, juga keterawatan dalam jangka waktu panjang itu terjamin dengan baik,” ujar Gubernur Rohidin.

Sebagai informasi jalan Tol Bengkulu Taba Penanjung ini memiliki main road yang terbentang sepanjang 17,6 Km dan masih menjadi bagian dari Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu.

Jalan tol ini mempunyai 2 gerbang tol, 2 simpang susun, 21 jembatan, dan direncanakan memiliki 1 rest area.

Dibangunnya jalan tol ini menjadi bagian dari koridor pendukung jalan tol trans Sumatera yang menghubungkan antara Provinsi Bengkulu dan Provinsi Sumatera Selatan.

Jalan tol Bengkulu Taba Penanjung ini dibangun dengan nilai konstruksi mencapai Rp4,8 Triliun.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, dan Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan saat peresmian jalan tol tersebut.


Presiden RI pun berharap agar jalan Tol Bengkulu Taba Penanjung ini dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi di Bengkulu dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.***

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tarif Tol Bengkulu Taba Penanjung Yang Baru saja Diresmikan Presiden Jokoowidodo

Trending Now