Presiden Jojkowi Mengeluarkan Perpres 24/2023 Guna Percepat Pembangunan SDM & Infrastruktur Papua

QBeritakan.com
Kamis, 13 Juli 2023 | Juli 13, 2023 WIB Last Updated 2023-07-13T05:28:21Z


QBeritakan.com - Pembangunan SDM & Infrastruktur Papua dipercepat, Jokowi mengeluarkan Perpres 24/2023 Rencana Induk Pembangunan Papua 2022-2041. Otsus naik 2,5%. 3 sumber penerimaan prov & kab daerah Papua termasuk otonomi daerah.

Presiden Jokowi : melalui Waibu Agro Eduwisata, kreativitas anak-anak muda Papua ditampung dan diberikan beragam pembelajaran.

“Baik mengenai packaging, baik mengenai hidroponik, baik mengenai pemeliharaan ayam, peternakan ayam,  perikanan, kemudian pembuat makanan ternak, makanan ikan, semuanya diadakan training—pelatihan di sini,” ujar Presiden  usai meninjau Waibu Agro Eduwisata, Kabupaten Jayapura, Papua, 7/7/2023.

Kepala Negara berharap pelatihan dan pembelajaran yang diberikan dapat memberikan manfaat nyata bagi para pemuda di masa mendatang. Salah satunya, pangsa pasar di Papua dapat dikuasai oleh anak-anak muda Papua.

“Kalau ada training, ada PYCH (#PapuaYouthCreativeHub), ada hal-hal riil yang dilakukan seperti ini, ya mestinya pasar yang ada di Papua bisa dikuasai oleh anak-anak muda ke depan,” ucap Presiden.

“Kemudian produk-produk unggulan, packaging dikemas dengan baik, juga akan menjadi oleh-oleh yang baik bagi siapapun yang datang ke Tanah Papua,” tandasnya.

đŸ›«Presiden Ingin Keterisolasian Wilayah Terbuka Setelah Bandara di #PapuaSelatan Beroperasi
Pengembangan #BandarUdaraEwer yang berada di #DistrikAgats, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan ditujukan untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat di Kabupaten Asmat.

“Ini penting sekali konektivitas keterhubungan antara sebuah wilayah. Baik itu kabupaten, provinsi maupun #pulau karena akan mempercepat mobilitas orang dan #mobilitasbarang,” ucap Presiden Jokowi.

Peresmian pengembangan bandara ini  membuka keterisolasian wilayah dan  mempercepat pengiriman logistik.  Penerbangan dari Timika  2x seminggu, penerbangan dari Kamur 4x seminggu, dari #Merauke 4x seminggu.

Presiden Jokowi : dengan adanya penerbangan ke Kabupaten Asmat akan membuka wisata Asmat dan akan semakin meningkatkan perekonomian di wilayah tersebut.

Dengan selesainya pengembangan bandara ini, Presiden berharap Kabupaten Asmat semakin berkembang dan maju. “Kita harapkan ekonomi di Kabupaten Asmat, di Papua Selatan akan semakin baik dan semakin meningkat,” kata Presiden.

Menteri Perhubungan #BudiKaryaSumadi menyampaikan terminal penumpang Bandara Ewer memiliki arsitektur minimalis dengan ornamen dan interior bernuansa budaya Asmat.
“Seperti pemasangan miniatur perahu suku Asmat yang bukan hanya sekedar alat transportasi tapi juga merupakan filosofi kehidupan dan kematian bagi #sukuAsmat,” ujar Menhub.

Keerom - Presiden Republik Indonesia Ir. H. #JokoWidodo bersama Panglima TNI Laksamana TNI #YudoMargono  disela-sela kunjungannya kembali menyempatkan diri untuk singgah di Kompi Senapan D Yonif RK 751/VJS, Distrik Skanto, Kab. #Keerom.6/7/2023)

Kedatangan Presiden berserta rombongan ini adalah dalam rangka singgah di tengah perjalanannya menuju #FoodEstate dikampung Wambes, #DistrikMannem, Kab. Keerom untuk melaksanakan #panenjagung disana 7 Ton/hektar melebihi standar nasional 5,6Ton/hektar. Harga jual cukup tinggi Rp 5-6rb/kg melebihi HPP. Jika dikalkulasi 7Ton/ha x 6rb = 42jt/ha. Jika 1000ha = 42M dlm jangka waktu 3bln/1000hr

Danyonif RK 751/VJS Letkol Inf #UntungIswahyudi, S.Sos., M.Hum., M.Han. dalam keterangannya menuturkan, bahwa kedatangan Presiden ke Kompi Senapan D Yonif RK 751/VJS kali ini merupakan yang kedua.

"Kedatangan bapak Presiden Joko Widodo ini merupakan kali kedua, setelah sebelumnya beliau pada Bulan Maret lalu bersama bapak Menteri Pertahanan juga singgah di Yonif RK 751/VJS." Terang Danyonif.

Ini merupakan sebuah kehormatan dan sejarah bagi Satuan khususnya Kompi Senapan D Yonif RK 751/VJS, karena bisa mendapatkan kunjungan dari orang nomor satu di Indonesia ini.

"Tentunya kami sangat bersyukur, beliau sudah berkenan singgah di Kipan D Yonif RK 751/VJS di tengah perjalanannya menuju lokasi Kunjungan. Ini tentu akan menjadi kebanggaan dan sejarah bagi kami, khususnya para prajurit." Tutup Danyonif.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Presiden Jojkowi Mengeluarkan Perpres 24/2023 Guna Percepat Pembangunan SDM & Infrastruktur Papua

Trending Now