Pengelolaan Pondok Pesantren Al Zaytun Akan diambil Alih Kemenag

QBeritakan.com
Kamis, 20 Juli 2023 | Juli 20, 2023 WIB Last Updated 2023-07-20T13:08:51Z

QBeritakan.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyatakan bahwa Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu akan diambil alih oleh Kementerian Agama (Kemenag). 

 

Meskipun demikian, dia menegaskan bahwa proses belajar mengajar di pondok pesantren yang dipimpin oleh Panji Gumilang akan tetap berjalan seperti biasa.

"Siswa di Al Zaytun jangan khawatir, sekolah akan tetap jalan," kata Emil seperti yang dikutip dari Medcom.id, Kamis, 20 Juli 2023.


Ridwan Kamil menyatakan bahwa keputusan untuk mengambil alih Al Zaytun oleh Kemenag adalah keputusan yang dianggap terbaik. Meskipun demikian, masih ada beberapa hal yang sedang dikaji terkait dengan proses pengambilalihan ini, termasuk terkait kurikulum dan jumlah guru yang ada.

Menurut Emil, salah satu hal yang pasti terkait dengan proses belajar mengajar di Al Zaytun adalah adanya perubahan metode pendidikan yang akan dilakukan. Selain itu, Kemenag juga akan mengawasi proses belajar mengajar di pondok pesantren ini secara langsung.

Di sisi lain, Polri juga telah mendengar dugaan penyalahgunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang dilakukan oleh Panji Gumilang di Pondok Pesantren Al Zaytun. Untuk itu, aparat bersama Kementerian Agama (Kemenag) melakukan penyelidikan terkait masalah ini.


Polri juga akan berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Pembinaan Masyarakat (Ditjen Binmas) Kemenag untuk mengusut dugaan penyalahgunaan zakat di Al Zaytun. Tujuannya adalah untuk mendalami mekanisme penerimaan zakat. 

 

Selain itu, penyidik juga akan meminta keterangan dari pihak penggalangan dana yang dilakukan oleh Yayasan Kecerdasan Anak Bangsa, yang diduga terafiliasi dengan Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pengelolaan Pondok Pesantren Al Zaytun Akan diambil Alih Kemenag

Trending Now