Pandawara Group Bersama Ribuan Masyarakat Bersihkan Tumpukan Sampah di Pesisir Pantai, Sukaraja

QBeritakan.com
Senin, 10 Juli 2023 | Juli 10, 2023 WIB Last Updated 2023-07-10T07:26:53Z


 
Bandar Lampung, QBeritakan.com - Pandawara Group yang terdiri dari 5 orang tersebut berjibaku bersama masyarakat mengumpulkan sampah-sampah yang di pesisir pantai.

Perwakilan Pandawara Group, Gilang mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk mempersatukan dan memperkuat sinergitas masyarakat dan pemerintah agar lebih peduli terhadap lingkungan.

"Karena memang sebetulnya dalam hakekatnya soal sampah ini adalah semua manusia di dunia ini dan yang terpenting masalah lingkungan adalah tanggung jawab kita semua. Jadi berenti dak stop saling menyalahkan karena itu bukan solusi," katanya.

Gilang menjelaskan, kegiatan yang mereka lakukan bukan untuk menyinggung siapa pun, melainkan untuk mempersatukan masyarakat dan pemerintah dalam penanganan sampah.

"Pandawara tidak pernah menyinggung siapa pun, kita selalu ekpos dan menginformasikan ke warga Indonesia apa yang kita dapatkan, dan tidak kita lebih-lebihkan," ungkapnya.

"Soal viral atau tidak viral semua tergantung dari media sosial itu sendiri. Kita selalu menyampaikan kabar apa adanya," lanjutnya.

Saat ditanyakan pertama kali mengetahui kondisi Pantai Sukaraja, Bandar Lampung, Gilang menuturkan bahwa pihaknya memiliki rekan-rekan yang selalu monitoring dan memberikan informasi di setiap kota dan provinsi masing-masing.

"Kami ada rekan-rekan dari aceh hingga Indonesia timur dan benar-benar menemui banyak pantai dengan berbagai kondisi, dan kita juga mempunyai alasan mengapa melakukan kegiatan di sini dan menyebutkan bahwa Pantai Sukaraja ini nomor 2 terkotor se-Indonesia, dan nomor 1 nya itu yang di Pandeglang," ungkapnya.

Ia pun berharap dengan adanya kegiatan tersebut, masyarakat dan pemerintah dapat lebih berkolaborasi dalam menangani sampah.

"Harapannya adalah ada pemeliharaan lebih lanjut dari masyarakat dan pemerintah bisa berkolaborasi lagi membuat program yang bisa memberikan perubahan kondisi pantai ini," pungkasnya. (Yul)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pandawara Group Bersama Ribuan Masyarakat Bersihkan Tumpukan Sampah di Pesisir Pantai, Sukaraja

Trending Now