Info Terbaru Jalan Tol Padang-Pekanbaru, Tahun Depan Sudah Bisa Dilintasi

QBeritakan.com
Selasa, 11 Juli 2023 | Juli 11, 2023 WIB Last Updated 2023-07-11T11:49:27Z


 
QBeritakan.com - Progres terbaru Jalan Tol Padang-Pekanbaru seksi Padang-Sicincin dan Sicincin-Bukitinggi, tahun depan sudah bisa dilintasi?.

Pekerjaan kontrsuksi pembangunan Tol Padang-Pekanbaru terus dikebut pemerintah. Bahkan ditargetkan ruas tol seksi Padang-Sicincin dan Sicincin-Bukitinggi sudah dilalui pada lebaran pada tahun 2024 mendatang.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Adi Cahyanto meyakinkan, bahwa ruas tol seksi Padang-Sicincin rampung tahun 2024.

Adi mengatakan, pihaknya terus menggenjot percepatan pembangunan ruas jalan tol penghubung Padang-Pekanbaru tersebut.

Adi juga terus mendukung pembangunan tol Padang-Sicincin supaya tidak ada permasalahan dan segera bisa dioperasionalkan.

Adi menjelaskan, saat ini pembangunan masih dalam tahap proses. Nantinya jika sudah rampung ruas jalan bebas hambatan tersebut bisa digunakan sebagai solusi untuk mengatasi macet lebaran.

Demi terwujudnya hal tersebut, Adi pun memperkuat kerjasama antara lembaga pemerintah yang terkait dengan bekerjasama termasuk dukungan dari DPR hingga Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang mengeluarkan penetapan lokasi.

"Insya Allah lebaran 2024 sudah bisa digunakan,"katanya seperti dilansir dari YouTube 3 ASA Channel dengan judul "Progress Terbaru Jalan Tol Padang - Sicincin & Tol Sicincin - Bukittinggi" oleh Halonusa.com, Selasa, 11 Juli 2023.

Sebagai informasi, BPN Sumbar telah membebaskan atau menyelesaikan 1541 bidang tanah untuk pembangunan jalan tol tersebut.

Secara umum terdapat 1622 bidang tanah untuk seksi Padang-Sicincin. Diantaranya berhasil dirampungkan BPN Sumbar.

Kemudian untuk 81 bidang tanah yang belum selesai pemerintah setempat telah berupaya menyelesaikannya. Tujuannya agar pengerjaan jalan tol Trans Sumatera yang merupakan PSN tersebut selesai sesuai target yang ditetapkan.

Khusus 81 bidang tanah atau sekitar 5% yang belum selesai akan terus diupayakan pemerintah menyatakan tanah yang sudah masuk ke tahap konsinyasi dianggap sudah selesai karena segera diselesaikan pihak pengadilan.

Untuk tol Padang-Pekanbaru seksi Sicincin-Bukittinggi, Kementerian ATR/BPN menyatakan masih menunggu penetapan lokasi yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah.

Adi juga mengatakan penetapan lokasi yang dikeluarkan pemerintah daerah juga akan mendapat surat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Adi juga mengatakan, apabila sudah ada penetapan lokasi maka Kementerian yang dipimpinnya segera melakukan pembebasan lahan khusus seksi Padang-Sicincin. 
 
Penetapan lokasi 1 dan 2 sudah rampung, namun saat ini penetapan lokasi exit tol atau pintu keluar belum diselesaikan atau masih dalam tahap proses. Satu penetapan lokasi tersebut yaitu exit tol yang berada di wilayah Lubuk Alung. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Info Terbaru Jalan Tol Padang-Pekanbaru, Tahun Depan Sudah Bisa Dilintasi

Trending Now