4 Jembatan di Lumajang Amblas di Terjang Banjir Lahar dingin Gunung Semeru

QBeritakan.com
Sabtu, 08 Juli 2023 | Juli 08, 2023 WIB Last Updated 2023-07-08T03:17:05Z


QBeritakan.com - Banjir lahar dingin Gunung Semeru mengakibatkan ratusan orang mengungsi. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang mencatat ada 493 orang mengungsi di beberapa titik yang telah disiagakan pasca banjir lahar dingin dan longsor.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, penanganan pengungsi telah dilakukan sejumlah instansi gabungan pada beberapa tempat yang sudah terkendali. Bahkan suplai untuk bahan-bahan makanan juga telah disiapkan kepada para pengungsi.

"Total pengungsi ada 493 orang yang tersebar di beberapa tempat," kata Thoriqul Haq, melalui keterangannya, Sabtu (8/7/2023).

Pihaknya juga akan memfokuskan pada pemulihan kedaruratan infrastruktur pasca bencana lahar dingin dan tanah longsor yang menelan tiga korban jiwa di Kabupaten Lumajang. Pemkab Lumajang juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melakukan asesmen rekonstruksi infrastruktur yang rusak.

Sementara itu, BPBD Lumajang mencatat ada 11 laporan tanah longsor dan aliran banjir lahar dingin. Rinciannya enam peristiwa longsor, dimana terparah terjadi di Dusun Sriti, Desa Sumberurip, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang yang memakan tiga korban jiwa satu keluarga.

Banjir lahar dingin Gunung Semeru ternyata juga memutus satu jembatan lain di Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur (Jatim). Sebanyak empat jembatan putus diterjang aliran deras lahar dingin Semeru.

Empat jembatan terputus itu yakni jembatan penghubung Desa Kloposawit dengan Desa Tumpeng di Kecamatan Candipuro, Jembatan Kali Regoyo penghubung Desa Jugosari dengan Dusun Kebondeli Selatan di Candipuro.

Jembatan yang terputus lainnya adalah jembatan penghubung Desa Tumpeng dan Desa Nguter di Candipuro, dan Jembatan penghubung Lumajang-Malang di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 4 Jembatan di Lumajang Amblas di Terjang Banjir Lahar dingin Gunung Semeru

Trending Now