Tips Kesehatan Perlu Di Catat "Efek daun singkong"

QBeritakan.com
Senin, 12 Juni 2023 | Juni 12, 2023 WIB Last Updated 2023-06-12T07:09:18Z

QBeritakan.com - Daun singkong mempunyai efek samping yang beragam bagi kesehatan. Salah satunya dapat mengakibatkan kolesterol naik hingga tekanan darah tinggi yang akan beresiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Efek samping tersebut dapat timbul jika daun singkong dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu jika daun jenis ini dikombinasikan dengan jenis makanan lain juga bisa berbahaya bagi kesehatan.

Makanya perlu diingat, jangan mengonsumsi daun singkong secara berlebihan. Berikut efek samping daun singkong yang perlu diketahui dilansir dari Medicpole, Senin (22/5/2023).

Efek Samping Daun Singkong

1. Sakit Kepala

Daun singkong mengandung senyawa linamarin dan lotaustralin yang bisa berubah menjadi racun. Kandungan ini menghambat aliran darah di daerah kepala dan memicu otot saraf menjadi kaku sehingga menyebabkan sakit kepala.

2. Tekanan Darah Tinggi

Daun singkong bisa menyebabkan tekanan darah tinggi sehingga dianjurkan mengonsumsinya dalam jumlah sedang. Penting juga untuk mengolahnya tidak menggunakan santan lantaran lemak bisa menyebabkan tekanan darah tinggi sehingga menghambat aliran darah.

3. Asam Urat

Daun singkong merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung tinggi purin yang bisa menjadi penyebab asam urat. Jika dikonsumsi berlebihan, akan menyebabkan nyeri sendi.

4. Kolesterol

Kolesterol merupakan salah satu efek samping dari mengonsumsi daun singkong berlebihan. Saat kolesterol, akan terjadi penyumbatan di pembuluh darah sehingga bisa mempengaruhi kinerja organ vital seperti jantung.

5. Sesak Napas

Daun singkong mengandung sianida yang bisa menghambat dan membagun saluran pernapasan. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa menyebabkan seseorang mengalami sesak napas dan nyeri dada.

6. Asam Lambung

Daun singkong dapat menyebabkan asam lambung yang tinggi, tekanan dinding lambung akan meningkat dan menjadi iritasi karena sianida di dalamnya. Senyawa ini akan mengacaukan kinerja pencernaan sehingga menyebabkan sakit perut, mual dan muntah. 

7. Keracunan Makanan

Daun singkong mengandung senyawa linamarin dan lotaustralin yang bisa berubah menjadi sianida jika terakumulasi dan mengiritasi jaringan tubuh. Ini bisa menyebabkan keracunan makanan dengan gejala muntah.

Demikianlah efek samping yang akan terjadi jika mengonsumsi daun singkong secara berlebihan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tips Kesehatan Perlu Di Catat "Efek daun singkong"

Trending Now