Pemahaman "GOD OF GAMBLERS" Menjadi Manusia Merdeka

QBeritakan.com
Minggu, 11 Juni 2023 | Juni 11, 2023 WIB Last Updated 2023-06-11T12:57:25Z

QBeritakan.com - Chow Yun Fat, 68 tahun, salah satu bintang Hong Kong terbesar, tersukses, dan terkaya. Kekayaan bersihnya lebih dari Rp 10 trilyun. Filmnya - God of Gamblers - menjadi film legendaris. Aktor super kaya ini mempunyai masa lalu yang berkebalikan.

Ketika kecil, setiap subuh ia membantu ibunya berjualan dimsum di pinggir jalan, sedangkan sore harinya ia bekerja di sawah. Ketika remaja, ia sempat bekerja sebagai bellboy, tukang pos, penjaja kamera dan sopir taksi.

Hidupnya berubah setelah dia berjuang keras menjadi aktor. Sukses karirnya tak tertahankan sampai kini. Namun nilai-nilai hidupnya sangat ugahari dan manusiawi. 

Mimpi terbesarnya adalah menjalani hidup yang normal dan bahagia. Dia hanya ingin bahagia dengan menjadi manusia normal.

Ketenaran dan kekayaan tak menyilaukan matanya. Dengan santainya ia makan di pinggir jalan, pergi naik transportasi umum, memakai HP jadul bekas istrinya selama 17 tahun dan baru ganti karena rusak.
"Saya tidak memakai pakaian untuk dilihat orang lain. Selama saya pikir itu nyaman, maka itu cukup baik untuk saya,” ujar Chow.

Chow punya rencana menyumbangkan sebagian besar kekayaannya untuk keperluan amal jika meninggal. Istrinya, Jasmine Tan, mendukung penuh rencana itu.

“Uang itu bukan milik saya. Saya hanya menyimpannya agar aman untuk saat ini," ujar Chow dengan nada tulus.

"Hal tersulit dalam hidup bukanlah tentang berapa banyak uang yang Anda hasilkan, tetapi bagaimana menjaga pola pikir damai dan menjalani sisa hidup Anda dengan cara yang sederhana dan tanpa beban," tambahnya.

Dari Chow kita belajar membebaskan diri dari "kemelekatan" apapun dalam hidup. Kecuali diri ini, semua lainnya adalah titipan. Kita wajib menjaga semua titipan itu sebaik-baiknya dan sehormat-hormatnya,  tidak mengeksploitasi dan mengangkanginya.

Dengan demikian, kita menjadi manusia yang merdeka.
By: HT

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemahaman "GOD OF GAMBLERS" Menjadi Manusia Merdeka

Trending Now