Mengenal Suku Mentawai Salah Satu Suku Tertua, Bertato Jadi Tradisi

QBeritakan.com
Kamis, 15 Juni 2023 | Juni 15, 2023 WIB Last Updated 2023-06-15T14:06:42Z

 
QBeritakan.com - Suku Mentawai adalah penghuni asli Kepulauan Mentawai. Suku Mentawai menetap di Kepulauan Mentawai, Pulau Siberut, Sumatera Barat. Suku Mentawai berada di pedalaman.

Sebagaimana suku Nias dan suku Enggano, mereka adalah pendukung budaya Proto-Melayu yang menetap di Kepulauan Nusantara sebelah barat.

Daerah hunian warga Mentawai, selain di Mentawai juga di Pulau Pagai Utara dan Pagai Selatan.

Dilansir dari Wikipedia, Suku ini dikenal sebagai peramu dan ketika pertama kali dipelajari belum mengenal bercocok tanam. Tradisi yang khas adalah penggunaan tato di sekujur tubuh, yang terkait dengan peran dan status sosial penggunanya.

Kebudayaan tato Mentawai, yang dikenal dengan nama titi disebutkan hampir punah. Titi masih dilestarikan di Pulau Siberut meski di beberapa pulau yang ada di Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, sudah jarang dijumpai

Mentawai (juga dikenal sebagai Mentawei dan Mentawi) adalah penduduk asli Kepulauan Mentawai, sekitar 100 mil dari provinsi Sumatra Barat, Indonesia.

Mereka menjalani gaya hidup pemburu-pengumpul semi-nomaden di lingkungan pesisir dan hutan hujan di pulau-pulau tersebut.

Kepulauan Mentawai sendiri adalah salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Sumatra Barat, Indonesia.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mengenal Suku Mentawai Salah Satu Suku Tertua, Bertato Jadi Tradisi

Trending Now