Manfaat Membaca Berita Online Atau Portal Berita dan Pengertiannya

QBeritakan.com
Rabu, 28 Juni 2023 | Juni 28, 2023 WIB Last Updated 2023-06-28T05:22:10Z


QBeritakan.com - Media Online Adalah Surat kabar daring atau Situs Berita daring (online news) adalah berita yang tersaji secara online di internet dengan berbagai format. Berita online adalah produk jurnalistik online.

Berita online adalah jenis baru berita setelah berita yang tersaji di media cetak (koran, majalah) berupa teks dan gambar dan di media penyiaran (radio, televisi) berupa audio dan video.

Berita online bisa memadukan teks, audio, dan video (multimedia).

Online news adalah fenomena baru dunia jurnalistik. Berita online mulai eksis sekitar pertengahan tahun 1990-an dengan berkembangnya internet dan website (world wide web).

Berita online sudah pertama kali muncul pada awal 1980-an. Tahun 1983, grup koran Knight – Ridder dan AT&T meluncurkan revolusi eksperimennya untuk membawa orang-orang menjelajahi informasi lewat komputer mereka sendiri.

Sebuah layanan teks video, yaitu Viewtron, menjadi pelopor media online news.

Pengertian Berita Online

 

Berita online adalah segaja jenis berita yang disebarkkan secara online dalam bentuk teks, audio, video, dan live streaming.

Menurut Salwen, jurnalistik masa depan ditemukan di internet dan suatu hari online news akan menjadi mainstream journalism (jurnalistik utama) karena World Wide Web dibuktikan dapat mentransformasikan kebudayaan, bahasa, dan informasi.

Perkembangan pesat berita online karena ia menawarkan isi (content), teknologi (technologies), dan distribusi (distribution).

Berikut ini pengertian berita online menurut Salwen

  • Edisi online sedikit lebih dari versi elektronik dari surat kabar induk
  • Sebagai hibrida dari koran cetak dan konten asli.
  • Beberapa situs berita online mengandung sejumlah besar konten asli yang dibuat oleh staf terpisah.
  • Digunakan sebagai sumber berita dan informasi yang sedang melebar untuk memenuhi kebutuhan
  • Surat kabar online harus menganggap diri mereka sebagai situs web independen layanan lengkap
  • Berita online sebagai situs harus bekerja dengan tenggat waktu 24 jam dan memperbarui konten secara berkala dan teratur
Karena reseller, konten asli dapat berupa laporan investigasi eksklusif atau laporan lainnya yang tidak dipublikasikan dalam edisi cetak koran atau di mana pun.
 
Sebagai reseller, konten asli juga dapat menjadi laporan pertama berita terkini yang dicetak di koran tradisional Sebagai bahan pelengkap yang menambah cerita di koran cetak mungkin juga dianggap konten asli.

Berita Online (online news) adalah tahap penting bagi konvergensi media (media convergence). 
 
Berita online memiliki potensi untuk memanfaatkan berbagai fitur baru dari dunia pencampuran komunikasi media digital, di antaranya audio, video, animasi, dan peningkatan kontrol pengguna (user control).

Kelebihan dari online news ini adalah beritanya yang selalu diperbaharui secara berkelanjutan (continuous updates), memiliki interaktivitas, hypertext, dan multimedia.
 
Situs apa nih yang biasanya Anda kunjungi untuk mendapatkan informasi atau berita viral? Dahulu, informasi-informasi kita dapatkan dari surat kabar, majalah, radio atau televisi. 
 
Akan tetapi saat ini siapa pun dapat menikmati sajian berita atau informasi melalui media online. 
 
Tentu saja hal ini terjadi karena mengikuti perkembangan zaman yang lebih mengandalkan pada kecanggihan teknologi.
 
Banyak sekali situs yang menampilkan berita online dan saling berlomba-lomba untuk menyajikan berita yang terupdate, salah satunya Satu Viral (satuviral.com). 
 
Di samping itu, berita online di Satu Viral cuma perlu diakses dengan menggunakan ponsel pintar dan jaringan internet saja. 
 

Manfaat Membaca Berita Online Atau Portal Berita

 
Membaca berita online pun menawarkan beberapa keuntungan yang tanpa diketahui oleh para pembacanya.


Berikut ini beberapa keuntungan membaca berita online di Satu Viral.

 

Lebih Efisien


Salah satu keuntungan pertama dari aktivitas membaca berita online di portal berita ialah lebih efisien. 
 
Selama ini umumnya informasi di surat kabar atau majalah-majalah mesti menunggu beberapa hari untuk dapat dinikmati sajian beritanya. 
 
Hal ini disebabkan oleh harus melalui proses penerbitan, pendistribusian dan penjualan. Sedangkan berita online cuma menunggu saatnya diakses oleh situs tersebut saja.

Kecuali itu, dalam sisi membaca, membaca berita di media online lebih dapat mengirit waktu dan dapat dijalani secara beragam dengan topik berita yang tidak jauh berbeda. 
 
Sementara itu di surat kabar ataupun majalah, berita-berita yang disampaikan cuma yang paling update dan dimuat pada hari itu saja. 
 
Jadi tidak mengherankan bila saat ini berita online menjadi alternatif untuk mendapatkan beragam informasi secara cepat dan akurat.

 

Mendapatkan Informasi Update


Keuntungan kedua dari aktivitas membaca berita online di portal berita Satu Viral adalah cepat dalam mendapatkan informasi yang paling update. 
 
Tidak sedikit situs yang akan menyajikan informasi atau berita yang nyaris sama, tetapi ada pula yang berbeda. 
 
Ada banyaknya variasi informasi atau berita yang beragam juga dapat menyebabkan pengetahuan kita pun semakin bertambah pula.

Menambah Kosakata


Membaca berira online pun ternyata dapat membantu Anda untuk menambah perbendaharaan kosakata. Umumnya informasi yang diberikan sangatlah beragam. 
 
Mulai dari berita dalam negeri hingga berita luar negeri. Umumnya berita tentang Kpopers dan sepakbola yang paling banyak dicari orang. 
 
Membaca beragam topik pun dapat menjadikan wawasan Anda dan bahasa Anda menjadi komunikatif.

Membaca itu sendiri dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan, seperti meredakan stres dan menghindari supaya tidak lupa. 
 
Terlebih bila kita membaca berita online yang dapat diakses dengan begitu mudahnya. Tentu saja keuntungan lainnya dapat dirasakan, seperti dapat dibaca di mana saja dan menghemat uang pastinya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Manfaat Membaca Berita Online Atau Portal Berita dan Pengertiannya

Trending Now