Tulangbawang Barat Akan Jadikan Aliran Way Kiri Jadi Lokasi Objek Wisata Susur Sungai

Prasetyo Budi
Selasa, 30 Mei 2023 | Mei 30, 2023 WIB Last Updated 2023-05-30T09:19:49Z


QBeritakan.com - Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) akan menjadikan aliran Way Kiri menjadi lokasi objek wisata susur sungai. Wisata air ini akan ditawarkan kepada wisatawan yang berkunjung ke Bumi Ragem Sai Mangi Wawai.

Selain menawarkan wisata alam, susur sungai juga menawarkan wisata religi ke Tiyuh Pagardewa dan kampung-kampung tua yang berada disepanjang aliran Way Kiri, mulai dari Tiyuh Karta sampai Tiyuh Pagardewa "Wisata susur sungai ini akan menjadi salahsatu wisata yang wajib dikunjungi. Untuk itu, semua OPD harus terlibat mempersiapkan ini,"ujar Novriwan saat memimpin copy morning di komplek perkantoran panaragan, Selasa 30 Mei 2023.

Novriwan mengatakan sesuai arahan Pj bupati M Firsada pengembangan wisata menjadi salah satu program yang akan dikembangkan. Untuk itu, dia berharap semua OPD dapat menyiapkan program untuk mendukung program wisata tersebut.  

"Banyak orang datang ke Tubaba karena berwisata. Ini menjadi modal kita untuk terus mengembangkan tempat-tempat wisata baru untuk menambah orang terus datang ke Tubaba,"kata dia.

Dikatakannya wisata susur sungai tersebut akan banyak melibatkan kelompok masyarakat. Mulai dari penyiapan tranportasi air hingga pemandu wisatanya. "Nah, kita akan menyiapkan bantuan melalui APBD untuk sarananya. Pengelolaannya akan diserahkan kepada kelompok masyarakat dan tetap dalam bimbingan OPD terkait,"ujarnya.

Bahkan, kata dia, pemerintah tiyuh akan terlibat untuk mendukung program tersebut sekaligus untuk mempromosikan produk unggulan tiyuh kepada wisatawan. "Selain kita tawarkan tempat wisata, kita juga akan mempromosikan produk UMKM kita. Contohnya hasil anyaman tikew yang menjadi produk unggulan Tubaba,"ungkapnya

Selain wisata susur sungai tersebut, lanjutnya, Pemkab juga akan membenahi taman wisata agrowisata Pulungkencana di komplek SMK."Taman wisata yang di Pulung nanti selain menjadi taman agrowisata, juga akan disiapkan menjadi agrowisata edukatif,"ujarnya

Selain wisata tersebut, beberapa tempat wisata unggulan Tubaba juga akan dibenahi dan ditata pengelolaannya dengan baik seperti komplek Islamic Center, kawasan Uluan Nughik, patung Empat Marga dan Taman Seribu Batu. "Taman ini harus tetap dijaga kebersihannya. Termasuk kita juga mengajak masyarakat untuk terus kompak menjaga keamanan wisawatan yang datang ke Tubaba,"kata dia .

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tulangbawang Barat Akan Jadikan Aliran Way Kiri Jadi Lokasi Objek Wisata Susur Sungai

Trending Now