Sewindu Percepatan pembangunan infrastruktur melalui berbagai Proyek Strategis Nasional (PSN)

Prasetyo Budi
Selasa, 09 Mei 2023 | Mei 09, 2023 WIB Last Updated 2023-05-09T01:53:32Z


QBeritakan.com - Percepatan pembangunan infrastruktur melalui berbagai Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diusung Pemerintah telah mencapai sewindu atau 8 tahun pelaksanaannya yang diharapkan dapat menciptakan berbagai kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan aktivitas ekonomi.

Sejak tahun 2016 sampai dengan Desember 2022, sebanyak 156 PSN telah diselesaikan dengan estimasi nilai investasi Rp1.080,2 triliun dan mampu menjadi backbone untuk menunjang konektivitas, ketahanan energi, kedaulatan pangan dan mitigasi bencana, hilirisasi industri serta investasi.

Pemerintah berkomitmen akan terus berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan menjadi hal yang penting dalam percepatan penyelesaian PSN, termasuk dengan Pemerintah Daerah. Pencapaian pembangunan dan percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan ini tak pelak merefleksikan dampak positif dari dari upaya Pemerintah bersama seluruh pemangku kepentingan selama 8 tahun terakhir ini dalam mempercepat penyelesaian berbagai PSN.

Pemerintah menjamin PSN bakal terus berlanjut meskipun ada pergantian jabatan Presiden dan Wakil Presiden pada 2024 mendatang. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto mengatakan sampai akhir tahun 2023 masih ada 27 lagi PSN yang akan dikebut. Adapun sepanjang tahun ini, pemerintah menargetkan sebanyak 30 PSN akan rampung. Jika rampung, total nilai PSN tersebut bakal menembus sekitar Rp1.360 triliun yang saat ini baru mencapai 30 persen atau sekitar Rp30 triliun.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sewindu Percepatan pembangunan infrastruktur melalui berbagai Proyek Strategis Nasional (PSN)

Trending Now