Perhelatan Akbar Masyarakat Pariaman Sumatera Barat "Festival Tabuik"

Prasetyo Budi
Jumat, 26 Mei 2023 | Mei 26, 2023 WIB Last Updated 2023-05-26T12:46:22Z

QBeritakan.com - Upacara tabuik sebagai suatu upacara tradisional yang dilakukan oleh masyarakat
Pariaman di Sumatera Barat. 

Adanya upacara ini berkaitan dengan kisah terbunuhnya cucu Nabi Muhammadyakni Husein bin Abi Thalib di Padang Karbela oleh tentara Yazid bin Muawiyah pada tahun 61 H. 

Pelaksanaan upacara tabuik merefleksikan kesedihan atas kematian Imam Husein dan kekejaman tentara Yazid, dibentuk dalam rangkaian upacara tabuik yang dikenal juga dengan istilah batabuik setiap tahun pada tanggal 1-10 Muharam. 

Bagi masyarakat Pariaman, upacara tabuik merupakan warisan budaya yang tetap dipelihara hingga sekarang, dan menjadi andalan di bidang pariwisata bagi pemerintah dan masyarakat setempat.

Upacara tabuik, dapat dianggap sebagai upacara ritual keagamaan itu dengan sendirinya mengandung kearifan lokal dan nilai budaya dari masyarakat Pariaman. 

Hal itu terlihat dari pelaksanaan upacara tabuik yang berkaitan dengan peristiwa kematian Husein bin Abi Thalib, yang merupakan cucu Nabi Muhammad dan dianggap sebagai imam oleh penganut Syi’ah.

Kesedihan itu dipersonifikasikan dalam rangkaian kegiatan atau tahapan upacara tabuik mulaidari awal hingga akhir, dengan adanya simbol/makna serta pantangan yang harus diindahkan selama pelaksanaannya. Dalam lingkup luas, sekaligus merupakan bentuk atau implementasi kearifan lokal dan ketinggian budaya masyarakat pendukungnya (Pariaman). 

Ritual keagamaan berupa upacara tabuik di Pariaman tersebut tentunya menambah pemahaman tentang kehidupan keagamaan masyarakat setempat, dan dapat dijadikan sebagai dasar pemikiran dan memeperkaya khasanah kepercayaan pada masyarakat Indonesia.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Perhelatan Akbar Masyarakat Pariaman Sumatera Barat "Festival Tabuik"

Trending Now