SDIT Madani Payakumbuh Laksanakan Munaqasah Tahfizul Qur'an

Prasetyo Budi
Senin, 27 Februari 2023 | Februari 27, 2023 WIB Last Updated 2023-02-27T13:23:44Z

PayakumbuhQBeritakan.com - Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Al-Qur'an serta mengokohkan hafalan Alqur'an seseorang siswa, Salah satu upaya tersebut adalah dengan diadakannya Munaqasah Tahfizul Qur'an, hal ini dimaksudkan agar siswa benar-benar hafal secara mutqin, tidak hanya sebatas hafal ayatnya saja namun juga hafal nama-nama surat serta urutan suratnya di dalam Al Qur’an.

Seperti halnya yang dilakukan oleh SDIT Madani Islamic School Payakumbuh dengan salah satu program unggulannya tahfiz Alqur'an melaksanakan ujian munaqasah sabtu (25/2) di komplek Perguruan Madani jalan Raflesia kelurahan Koto Tangah Payakumbuh Barat. 

Kepala Sekolah SDIT Madani Ustad Wahid Nova Putra, S.Pd.I dalam keterangan tertulisnya menyampaikan bahwa munaqasah hafalan merupakan salah satu kegiatan penting yang selalu dilakukan 2 kali dalam 1 tahun pelajaran. "Untuk semester 2 ini ada sekitar 182 siswa yang mengikuti munaqasah, terdiri dari kelas 1 hingga kelas 6. Para peserta menyetorkan 5 juz hafalan mereka dengan metode 1 jam 1 juz dan didampingi oleh orang tua siswa" ucap ustad Wahid. "Para peserta menyetorkan hafalan Alqur'an juz 30, juz 29, juz 28 selanjutnya juz 1 dan juz 2" sambung beliau.

Tujuan munaqasah adalah untuk  menjaga hafalan peserta didik dan juga melihat sejauh mana mutqin (daya hafal) siswa terhadap hafalannya sekaligus membuktikan kepada orang tua hasil dari proses yang di lalui anak selama berada di sekolah. Untuk tahun ini kita angkat tema ujian munaqasah "Menciptakan generasi cinta Al-Qur'an" , kita berharap antar peserta akan berlomba-lomba untuk menghafal dan memuroja'ah (mengulang-ulang) hafalan sehingga lahirlah kecintaan kepada Alqur'an, dalam rangka  imelahirkan generasi berkarakter qur'ani yang berakhlak mulia" tutup kepala sekolah SDIT Madani Islamic School Payakumbuh.(An/Q)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • SDIT Madani Payakumbuh Laksanakan Munaqasah Tahfizul Qur'an

Trending Now