KERETA API PERTAMA DI SULAWESI SELATAN SUDAH BEROPERASI

QBeritakan.com
Jumat, 17 Februari 2023 | Februari 17, 2023 WIB Last Updated 2023-02-19T01:43:50Z

QBeritakan.com - Untuk saat ini kereta api Sulawesi Selatan sudah berbayar, tarifnya tidak jauh berbeda dengan LRT Sumsel yakni berkisar Rp5.000 hingga Rp10.000 untuk sekali jalan.

Proyek strategis nasional ini akan melayani area meliputi lima Kabupaten/Kota di provinsi Sulawesi Selatan yaitu Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Kabupaten Barru, Kota Makassar dan Kota Parepare.

Namun, kereta api pertama di Sulawesi tersebut belum tembus khususnya ke Makassar dan Parepare. Kemenhub menartargetkan proyek KA dengan total panjang sekitar 142 KM ini bisa tuntas seluruhnya pada 2026 mendatang.

Target penuntasan ini terbilang panjang lantaran adanya kendala pembebasan lahan, khususnya untuk jalur yang mengarah ke Kota Makassar. Sedangkan untuk yang mengarah ke titik akhir di Parepare terkendala kontur pegunungan yang membuat pengerjaan proyek menjadi sulit.

Saat ini, pengoperasian Kereta Api Makassar-Parepare sudah bisa dibuka untuk dua trayek, yakni jalur Garongkong-Mangilu sepanjang 66 km dan jalur Garongkong-Maros sepanjang 83 km. Kedua rute ini masih dibuka gratis untuk masyarakat.

Tak hanya sampai Maros, dalam waktu dekat ditargetkan segera tembus sampai Mandai, yang berjarak sekitar 15 menit dengan moda kereta ke arah selatan. 

Selain mengangkut penumpang, Kereta Api Makassar-Parepare juga bakal memfasilitasi angkutan barang untuk sektor industri, khususnya semen milik PT Semen Tonasa dan PT Semen Bosowa.
Pemerintahan Presiden Jokowi sendiri berharap kedepan kereta api pertama di Sulawesi itu bisa terbangun dan dilanjutkan hingga Manado di Sulawesi Utara.
Ctto

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KERETA API PERTAMA DI SULAWESI SELATAN SUDAH BEROPERASI

Trending Now