Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Presiden Jokowi Di 4 Bidang Meningkat

QBeritakan.com
Senin, 20 Februari 2023 | Februari 20, 2023 WIB Last Updated 2023-02-20T14:49:29Z

Nasional, QBeritakan.com - Apresiasi publik terhadap kinerja pemerintah meningkat di empat bidang jelang paruh akhir masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin, Senin (20/2/2023).
Empat bidang tersebut terdiri dari bidang politik dan keamanan, bidang kesejahteraan sosial, bidang penegakan hukum, serta bidang perekonomian.

Peningkatan tertinggi apresiasi publik tampak di dalam kinerja pemerintah di bidang politik dan keamanan. Setidaknya 79,2 persen dari 1.020 responden mengaku puas dengan kinerja pemerintah di bidang tersebut.

Kemudian, apresiasi publik yang tinggi juga tampak di dalam kerja pemerintah di bidang kesejahteraan sosial. Sebanyak 77,3 persen responden mengaku puas dengan kinerja pemerintah di bidang ini.

Sementara itu, nilai persentase kepuasan publik hampir sama di dalam kinerja pemerintah di bidang penegakan hukum dan perekonomian.

Di bidang penegakan hukum, sebanyak 55,1 persen responden mengaku puas. Sementara itu, di bidang perekonomian ada 53,5 persen responden yang mengaku puas.

Upaya pemerintah menjaga iklim politik berjalan demokratis menjadi penyumbang terbesar dari kepuasan publik. Ada tiga indikator yang mendasarinya.

Pertama, upaya pemerintah dalam membangun sikap menghargai perbedaan. Kedua, upaya menjamin kebebasan berpendapat. Ketiga, kesempatan masyarakat dalam mengontrol jalannya pemerintahan.

Temuan tersebut terungkap dari survei periodik Litbang Kompas pada kurun waktu 25 Januari hingga 4 Februari 2023.

Secara umum, derajat kepuasan publik terekspresikan dari 69,3 persen responden yang berasal dari 38 provinsi Indonesia. Persentase tersebut jauh meningkat daripada temuan survei sebelumnya yang menunjukkan adanya penurunan.

Capaian kepuasan publik kali ini merupakan salah satu yang tertinggi apabila dibandingkan dengan sentimen persepsi publik sejak paruh awal periode kedua masa kepemimpinan Jokowi-Amin (Oktober 2019).
Sumber: KompasTV

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Presiden Jokowi Di 4 Bidang Meningkat

Trending Now