Pengendali banjir Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Ditargetkan Rampung di Tahun 2023

Prasetyo Budi
Senin, 30 Januari 2023 | Januari 30, 2023 WIB Last Updated 2023-01-30T10:58:29Z



QBeritakan.com -  Sebagai salah satu bentuk dukungan kegiatan pariwisata pada Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan infrastruktur pengendali banjir Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo yang ditargetkan rampung di tahun 2023.

Menteri Basuki mengatakan, perubahan iklim menjadi tantangan dalam pengelolaan sumber daya air di Indonesia. Pergeseran dan perubahan masa musim hujan dan kemarau, serta pola hujan dengan durasi pendek namun intensitasnya tinggi kerap mengakibatkan banjir. Upaya penanggulangan bencana, termasuk banjir merupakan tanggung jawab kita bersama. Sesuai dengan tugas dan fungsinya, Kementerian PUPR berperan dalam masalah infrastruktur.

Melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak, Ditjen Sumber Daya Air membangun sejumlah prasarana pengendali banjir pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Bogowonto dan Serang. 

Dukungan infrastruktur dilakukan secara terpadu mulai dari perbaikan/normalisasi badan sungai, peningkatan kapasitas sungai, pembangunan sistem drainase, sodetan, kolam retensi,  pengadaan pompa banjir, hingga bangunan penahan penampung air sepanjang sungai (longstorage) serta pekerjaan double jetty di muara Sungai Bogowonto.

#SigapMembangunNegeri

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pengendali banjir Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Ditargetkan Rampung di Tahun 2023

Trending Now