Mengenal Pohom Terindah Didunia Yang Ada Di Indonesia " Pohon Pelangi"

Sport QBeritakan.com
Kamis, 05 Januari 2023 | Januari 05, 2023 WIB Last Updated 2023-01-05T13:24:42Z

QBeritakan.com - Hallo Sob Yang berada dimanapun diseluruh jagad raya maupun jagad maya, kali ini Admin Q mau ngelain nih Pohom Terindah Didunia Yang Ada Di Indonesia " Pohon Pelangi", Nah lo gimana sudah pernah lihat pohon terindah didunia ini, atu pohon pelangi.

Bangga ya Sob jadi penduduk Indonesia yang kaya dengan beraneka ragam flora dan fauna, sekarang sebutin deh apa disunia ini tidak ada di Bumi kita Pertiwi ini, hayo sebutin ya di kolom komentar bagi yang tau flora dan fauna yang ada didunia ini dan tidak terdapat di Indonesia.

Pantes ya kalau negara-negara lain iri akan kekayaan alam Nusantara kita, seperti belanda yang ratusan tahun menjajah Bumi Nusantara kita tidak lain karena Nusantara Kita Kaya raya. Semoga Kekayaan alam Bumi Nusantara kita ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk kemakmuran dan keadilan bagi seluruh Rakyat Indonesia.

Salah satunya dari jutaan kekayaan alam Nusantara kita adalah Pohon Pelangi, Nah ingin tau lebih jauh dengan Pohon pelangi ini kan, yuk disimak baik-baik ketrangan dibawah ini.


Pohon pelangi dengan gradasi warna yang cantik tumbuh di hutan hujan Indonesia terutama di Papua dan Maluku. Batangnya bisa bertambah tinggi rata-rata 2-3 meter per tahun.

Begitu unik, batang kayu pohon pelangi tidak memiliki warna seperti umumnya, misalnya cokelat atau cokelat kehitaman. Tetapi warnanya beraneka ragam, persis seperti warna pelangi di langit saat hujan reda.

Pohon pelangi menyajikan keindahan karya seni alami dari Sang Pencipta dengan berbagai warna yang menempel. Ada merah, biru, hijau, kuning, cokelat, dan aneka warna lainnya, mulai dari akar hingga pucuk tertingginya. Nama ilmiahnya adalah Eucalyptus deglupta yang berarti kayu putih yang mengelupas. Pohon ini lebih dikenal dengan nama pohon pelangi atau rainbow eucalyptus.

Sepintas, gradasi warna pada pohon yang juga dikenal dengan nama leda ini mirip dengan seragam pasukan-pasukan elite militer sehingga pohon pelangi juga dijuluki pohon kamuflase. Pohon ini tumbuh besar dan tinggi menjulang. Tanaman ini merupakan endemik di Papua Niugini, Pulau Papua, Pulau Seram, Maluku, dan Sulawesi.

Bagi kita yang tinggal di Pulau Jawa, tak perlu jauh-jauh terbang ke sana karena di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, pohon ini bisa kita nikmati keindahannya. Pohon jenis ini dapat ditemukan di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Sumberwringin. Lokasinya ada di Desa Wringinanom, Kecamatan Sukosari. Dari pusat kota, hutan seluas 23,6 hektare ini bisa ditempuh dengan perjalanan darat selama 1 jam 15 menit.

Hutan Sumberwringin adalah hutan buatan yang dibangun pada tahun 1937 dan memiliki iklim tipe B dengan curah hujan sebesar 2.400 milimeter per tahun. Tak hanya pohon pelangi saja yang ditanam di hutan ini. Setidaknya ada 3.879 pohon dari 59 jenis telah ditanam di hutan Sumberwringin. Eucalyptus deglupta termasuk pohon tertua yang ditanam di hutan ini bersama pinus dari Sumatra dan Australia bersamaan dengan dibangunnya hutan Sumberwringin, 83 tahun silam.

Pohon pelangi menjadi daya tarik utama di hutan Sumberwringin karena selain memiliki gradasi warna menakjubkan, juga menjadi salah satu pohon yang paling sering dicari wisatawan. Pohonnya memiliki tinggi rata-rata 70 meter serta rata-rata berdiameter 2,5 meter. Pengunjung banyak menjadikan pohon ini sebagai latar foto karena keindahannya.  Bahkan pohon pelangi Eucalyptus disebut-sebut sebagai salah satu pohon terindah dan menakjubkan di dunia.

Nah Gimana Sob Yuuk ajakin Admin Q dong jalan jalan menikmati keindahan Pohon Pelangi ya... he he he. Ok terimakasih sduah berkunjung ya. sampai ketemu di Postingan yang lainya tentunya di QBeritakan.com

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mengenal Pohom Terindah Didunia Yang Ada Di Indonesia " Pohon Pelangi"

Trending Now