Patih Gajah Mada Adalah Orang Minang Kabau ( Cerita dari Kedai Kopi)

Wartawan Goes Too Campus
Jumat, 30 Desember 2022 | Desember 30, 2022 WIB Last Updated 2022-12-30T01:30:00Z


Poto bareng setelah ngopi

QBeritakan.comPatih Gajah mada yang terkenal dengan sumpah Palapa. Sampai saat ini belum diketahui dari mana asal usulnyausul  pasti patih yang sakti mandraguna tersebut. Berbagai asumsi public dan para Ahli sejarah bermunculan demi mengungkapkan asal usul patih gajah mada. Berbagai asumsi public yang bermunculan. Menurut perbincangan saya bersama teman-teman dikampus sambil Ngtopi Sekarek dan rokok Setang ( minum kopi setengah gelas dan merokok satu Batang) Menyimpulkan asumsi kami bahwa Maha Patih Gajah mada ini berasal dari Padang daerah damas raya kala itu. Sesuai dengan namanya Gajah Mada, Gajah berarti Orang yang berbadan besar dan Mada, artinya dalam bahasa Minang Mada ( nakal Atau Bandel)


Bermula dari ekspedisi Pamalyu yang dilakukan Oleh Kerajaan Singosari. tujuan dari ekspedisi ini adalah untuk menghambat laskar Mongol menuju Selatan ke arah Jawa Dwipa.1 Di samping itu tugas lain dalam Ekspedisi Pamalayu yang dititahkan oleh Kertanegara kepada Mahesa Anabrang adalah menguasai kerajaan dipulau sumatera termasuk kerajaan Minang Kabau.
Darisinilah cerita Gajah mada berawal, Dikerajaan Darmasraya para prajurit singosari sampai disana dengan membawa bala tentara yang terkenal dengan kehebatanya dalam berperang.

Ketika melakukan diplomatik ke kerajaan darmasraya, diceritakan bahwa kerajaan darmasraya tidak bersedia tunduk terhadap singosari kala itu, singkat cerita terjadi adu kerbau antara Kerajaan darmasraya dengan singosari. Kala itu seorang pemuda desa di kerajaan darmasraya yang memiliki postur tubuh yang tinggi kekar atau berbadan besar, yang disebut Gajah ( karena berbadan beasar) Dia si pemuda tersebut sering datang dan bermain ditempat para prajurit singosari berada. Melihat hal tersebut pemuda yang lain tidak suka melihat nya bermain atau datang kebarak prajurit Singosari, sehingga diperingatkan lah teman-temanya, bahwa sanya prajurit singosari adalah musuh, katena mereka datang untuk mensklukkan kerajaan mereka. Akan tetapi pemuda tersebut tetap saja sering datang ketempat prajurit dingosari berada. Dari situlah sebutan Gajah Mada berasal, karena tidak bisa dilarang dan diperingatkan makanya dia disebut Mada atau mada (dalalam bahasa Minang) "Gajah Mada" Sebutan untuk seseorang berbadan Besar yang Bandel.

Karena sering di sebut Gajah mada oleh teman-temanya prajurit singisari pun memanggil pemuda itu dengan sebutan Gajah Mada. Proses diplomatic selesai dan para Bala tentara singosari yang dipimpin oleh mahesa Anabrang pulang dengan membawa Putri kerajaan Darmasraya Yaitu Dara Petak dan Dara Jingga. 
Ahirnya mahesa Anabrang yang melihat postur Gajah Mada tertarik untuk menjadikan Prajurit dan di ajaklah si Gajah Mada pergi kesingosari bersama rombongan bala tentara singosari.

Berdasarkan cerita itulah timbul asumsi bahwa Maha Patih gajah Mada berasal Dari minang Kabau ( orang Minang). Ditambah ditemukannya Kapal gajah mada diperairan selat sunda, sehingga menambah kuatnya asumsi bahwa gajah mada mau pulang kedaerah kelahiranya dan sayang perahu yang dia bawa tenggelam diperairan laut sunda.

Semuanya serba asumsi Karena kelahiran gajah mada sampai sekarang belum diketahui pasti dimana dan kapan tepatnya dilahirkan. 
Ini sekedar Asumsi sambil duduk ngoceh di warung kopi, silahkan ditanggapi, berkomentarlah dibawah ini boleh kritik dan saran sambil menjaga tali silaturahmi.!
Bersambung…….. Gajah Mada Berasal dari Daerah Modo Lamongan
By_Songgo Langit

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Patih Gajah Mada Adalah Orang Minang Kabau ( Cerita dari Kedai Kopi)

Trending Now