Macam-Macam Minuman Tradisional Untuk Penghangat Badan Di Musim Hujan

QBeritakan.com
Kamis, 29 Desember 2022 | Desember 29, 2022 WIB Last Updated 2022-12-29T03:07:24Z

QBeritakan.com - Hallo Sahabat Q dimanapaun kalian berada semoga sahabat semua sehat selalu ya aamiin, Oh ya Sob, Bagaimana ditempat kalian apakah pagi ini Turun hujan seperti saat ini ditempat Admin Q Berada, hujan sedari malam sampai saat ini tidak kunjung berhenti HUJAN..NYANYIAN RINDU LANGIT KEPADA BUMI hem... dingin bingit, ah nutuh penghangat badan nih sob, mana selimut mana nih? wkwkkwk. Ah ak enak lah, masak di kantor pakai selimut, kan gak mecing deh.

Sepertinya butuh asupan nih badan sob, seperti wedang Jahe, Wedang Uwuh, Bandrek, Liang Teh, Bajigur, Kopi Jahe, coklat Hangat, dll . Hem ngiler akl sih wkkwkwkk. tapi persoalannya hari hujan nih mau keluar juga males banget dan tambah kedingan dong he he he.

Sekarang buat yang males buat dirumah aja deh ya, beberapa rekomendasi di bawah ini yang bisa kalian buat dirumah, dijamin mudah pokoknya karena biasanya barang barang yang akan digunakan ada di dapur emak kita. wkwkkk. 

Ok langsung aja ya udah dingin nih.

1. Wedang Jahe

Bagi pencinta minuman tradisional, tentunya tidak akan melewatkan minuman satu ini saat musim hujan. Wedang jahe adalah minuman yang terbuat dari jahe dan gula merah yang diseduh dengan air panas. Minuman ini bisa menenangkan batuk dan pilek .

Cara membuatnya pun cukup mudah. Cukup siapkan 1 ruas jahe yang sudah digeprek, lalu panggang hingga kecoklatan. Kemudian, seduh dengan gula merah dan air panas secukupnya. Wedang jahe siap untuk kamu minum untuk menghangatkan tubuh.

Selin membuatnya langsung, kamu juga bisa menggunakan minuman jahe siap saji, seperti berikut ini.

2. Wedang Uwuh

Dalam bahasa jawa, wedang berarti “minuman” dan uwuh adalah “sampah”. Arti sampah sendiri sebenarnya menggambarkan bentuk rempah-rempah yang tampak berantakan ketika kamu seduh. 

Beberapa jenis rempah yang digunakan dalam minuman ini, seperti jahe, kapulaga, cengkeh, kayu manis, serai, gula batu, dan masih banyak lagi.

3. Minuman Hangat Bandrek

Bandrek merupakan minuman hangat yang berasal dari daerah Sunda. Walaupun awalnya bandrek hanya memerlukan jahe dan gula merah, tetapi banyak daerah yang meningkatkan efek hangat pada minuman tersebut dengan tambahan bahan lainnya.

Beberapa bahan yang ditambahkan ke bandrek adalah merica, pandang, serai ,serta telur ayam kampung. Bahkan, di beberapa daerah, ada yang menambahkan susu untuk menciptakan rasa manis dan gurih.

4. Liang Teh

Minuman hangat yang cocok untuk cuaca hujan kali ini berasal dari negeri China, yaitu liang teh atau liongcha. Walaupun dari namanya mengandung unsur teh, tetapi minuman hangat ini tidak menggunakan daun teh.

Liang teh  adalah minuman untuk menghangatkan tubuh yang memakai bahan kayu manis cina, alang-alang, serta bunga krisantemum. Banyak yang percaya bahwa minuman ini dapat mengatasi panas dalam penyebab sakit tenggorokan.

5. Minuman Hangat Bajigur

Beralih ke Jawa Barat, kali ini ada minuman tradisional yang terkenal karena bisa menghangatkan tubuh di kala cuaca hujan, yaitu bajigur. Minuman ini identik dengan perpaduan hangat dari jahe, gula merah, dan santan gurih.

Perpaduan yang menggiurkan, bukan? Agar lebih nikmat, kamu bisa menyantap minuman ini dengan tambahan camilan, seperti jagung rebus, singkong, kacang, dan sebagainya.

6. Kopi Jahe

Mayoritas masyarakat Indonesia tidak bisa melepaskan kebiasaan minum kopi sebelum beraktivitas. Sayangnya, kopi biasa tidaklah cukup untuk menghangatkan tubuh di kala musim hujan yang dingin.

Untuk itu, kamu bisa mencoba untuk mencampurkan kopi dengan potongan jahe geprek panggang sebagai minuman penghangat tubuh sebelum memulai aktivitas.  Kopi jahe juga bisa menjaga kesehatan usus dan meredakan nyeri pada otot.

7. Cokelat Hangat

Jika rekomendasi di atas lebih cocok untuk orang dewasa, kali ini kita akan membahas minuman hangat favorit segala usia saat cuaca sedang hujan, yaitu cokelat hangat.

Walaupun begitu, hindari untuk minum cokelat hangat setiap harinya. Selain itu, pastikan takaran cokelat hangat tersebut tidak melebihi jumlah kalori harian. 

Nah gimana sob, Buruan deh di obrak -abrik dapur mama buat minuman diatas supaya lebih hangat, ok sob selamat mencoba dan salam sekses selalu ya.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Macam-Macam Minuman Tradisional Untuk Penghangat Badan Di Musim Hujan

Trending Now