Pemilu Malaysia "Mahathir Muhamad kalah telak dari Mohd Suhaimi Abdullah dari Perikatan Nasional

Prasetyo Budi
Minggu, 20 November 2022 | November 20, 2022 WIB Last Updated 2022-11-23T12:14:31Z


QBeritakan.com - Berdasarkan hasil pemilihan resmi yang diumumkan pada Minggu (20/11). Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia dan kandidat koalisi Gerakan Tanah Air (GTA) gagal mempertahankan kursi parlementernya di Langkawi.

Mahatir Muhamad kalah telak dari Mohd Suhaimi Abdullah dari Perikatan Nasional (PN), yang meraih sebanyak 13.518 dari 25.463 suara.

Data KPU menunjukkan bahwa Mahathir mendapatkan 4.566 suara dan telah kehilangan depositnya. Dia menempati posisi keempat dalam elektoral tersebut.

Melansir Channel News Asia, Minggu (20/11), ini merupakan kekalahan elektoral pertama Mahathir dalam 53 tahun.

Dalam pemilihan umum terakhir, Mahathir berhasil memenangkan kursinya di Langkawi di Partai Keadilan Rakyat (PKR) dengan mengalahkan kandidat Barisan Nasional (BN) Datuk Nawawi Ahmad dan Zubir Ahmad dari PAS dengan mayoritas 8.893 suara.

Diluncurkan pada bulan Agustus, koalisi GTA terdiri dari empat partai politik, yakni Partai Aliansi Muslim India Nasional (Iman), Parti Bumiputera Perkasa Malaysia (Putra), Parti Barisan Jemaah Islamiah Se-Malaysia (Berjasa) dan Pejuang, partai yang dipimpin oleh Mahathir. Ini juga termasuk LSM, akademisi dan individu.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemilu Malaysia "Mahathir Muhamad kalah telak dari Mohd Suhaimi Abdullah dari Perikatan Nasional

Trending Now