Melanjutkan Pendidikan di Perguruan Tinggi Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat bisa menjadi pilihan

QBeritakan.com
Kamis, 08 Juni 2023 | Juni 08, 2023 WIB Last Updated 2023-06-08T07:53:56Z


QBeritakan.com - Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat, bisa menjadi pilihan untuk anak muda yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi (PT).

Dalam perjalanannya UM Sumatera Barat sudah banyak melahirkan lulusan berkompeten yang tidak kalah saing dengan lulusan perguruan tinggi lainnya.

Berikut alasan kenapa UM Sumatera Barat menjadi perguruan tinggi pilihan generasi milenial, tidak hanya dari Sumbar saja tapi juga dari luar provinsi, hingga dari luar pulau Sumatera.

1. Peringkat Dua Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Di Sumatera Barat

Sebelum menentukan pilihan generasi milenial pastinya akan melakukan cross cek terlebih dahulu terhadap perguruan tinggi pilihannya. UM Sumatera Barat menawarkan berbagai Program Studi terbaik yang dapat dipilih calon mahasiswa. Selain menyandang akreditasi “B” oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, UM Sumatera Barat juga merupakan perguruan tinggi swasta terbaik kedua di Sumatera Barat. Hal ini berdasarkan survey yang dilakukan oleh berbagai lembaga penilai internasional, salah satunya Lembaga EduRank sebagai lembaga pemeringkat perguruan tinggi yang berbasis di Amerika Serikat.

2. Banyak Mahasiswa Berprestasi

Selain menyandang gelar sebagai perguruan tinggi swasta terbaik kedua di Sumatera Barat, UM Sumatera Barat semakin berkilau dengan banyaknya mahasiswa berprestasi yang dimiliki, baik prestasi bidang akademik maupun non akademik, mulai dari prestasi tingkat kota / kabupaten hingga tingkat internasional.

Di tahun 2022 UM Sumatera Barat dinobatkan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) sebagai perguruan tinggi dengan capaian prestasi mahasiswa nomor satu di Sumatera Barat. Puspresnas sendiri adalah salah satu bidang kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang menyelenggarakan urusan di bidang prestasi dan kompetisi pada setiap tingkat pendidikan yang ada di Indonesia.

3. Sedang Giat Melakukan Pembangunan

Tidak dapat dipungkiri manusia selalu menyukai keindahan, selain kualitas perguruan tinggi yang baik dan prestasi yang gemilang, kaum milenial juga melihat fasilitas belajar mengajar yang baik sebagai pilihannya. Saat ini UM Sumatera Barat sedang giat-giatnya membangun kampus yang tersebar di empat kota besar Sumatera Barat. Hal ini dilakukan untuk menjadikan kampus ini sebagai perguruan tinggi milenial masa depan.

Tidak hanya itu, UM Sumatera Barat saat ini menjadi fokus utama kepala daerah di Sumatera Barat, beberapa kepala daerah kota / kabupaten di Sumatera Barat berlomba-lomba menghibahkan tanah kepada UM Sumatera Barat, dengan harapan UM Sumatera Barat akan mendirikan kampus di daerah tersebut guna membantu peran pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana yang diamanatkan oleh UUD 1945.

4. Program Pengabdian Masyarakat

Selain mengambil peran sebagai pencetus cendikiawan, sebagai perguruan tinggi UM Sumatera Barat juga melakukan pengabdian kepada masyarakat. Kampus ini mencetus berdirinya kampung wisata adat Sarugo (Saribu Gonjong) yang berada di kabupaten Lima Puluh Kota, hingga kampung Sarugo meraih piala API ( Anugerah Pesona Indonesia) pada tahun 2020.

Tidak hanya kampung Sarugo UM Sumatera Barat juga mengantarkan Museum Buya Hamka sebagai destinasi wisata yang berprestasi di tingkat nasional sebagai situs sejarah terpopuler.

Selain itu UM Sumatera Barat juga menginisiasi berdirinya koperasi Kampuang Sarugo yang mewadahi petani Jeruk Siam Gunuang Omeh (Jesigo) di kampung wisata tersebut, untuk memastikan koperasi ini memberi kemaslahatan bagi petani, UM Sumatera Barat menggandeng BUMN raksasa seperti Bank Syariah Indonesia dan PT. Pupuk Indonesia. Terbaru Bank Syariah Indonesia memberi bantuan berupa dana hibah sebesar satu milyar untuk koperasi kampuang Sarugo.

5. Go Internasional

Dalam rangka mencetak lulusan yang berdaya saing internasional, UM Sumatera Barat melalui program Virtual Ranah Rantau International Student Exchange Program (VR2ISEP) laksanakan pertukaran mahasiswa dengan perguruan tinggi ternama dari Australia dan Amerika Serikat.

6. Biaya Kuliah Terjangkau

Tidak dapat dipungkiri biaya tinggi menjadi salah satu penghambat seseorang untuk melanjutkan pendidikan, tanggap akan fenomena tersebut UM Sumatera Barat menawarkan biaya kuliah terjangkau untuk segala kalangan. Selain itu UM Sumatera Barat juga menyediakan banyak pilihan beasiswa untuk generasi milenial yang ingin melanjutkan pendidikan di UM Sumatera Barat.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Melanjutkan Pendidikan di Perguruan Tinggi Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat bisa menjadi pilihan

Trending Now